Gereja Katolik Jerman Prakarsai Penanganan Korban Pelecehan Seksual

Internasional / 3 March 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Katolik Jerman Prakarsai Penanganan Korban Pelecehan Seksual

daniel.tanamal Official Writer
3598

Isu miring atas wacana pelecehan seksual yang menimpa sebagian besar imam dibeberapa gereja Katolik yang mulai terkuak tahun lalu mulai ditangani secara meluas dengan usulan Gereja Katolik Jerman untuk pemberian kompensasi hingga 6.900 dolar AS bagi para korban pelecehan seksual oleh pastor atau para pejabat gereja.

Usulan ini keluar, Rabu, dalam sebuah forum pemerintah di Berlin, yang dibentuk untuk mengkaji isu pelecehan seksual terhadap anak-anak. Hal ini juga yang menyambut seruan Paus Benediktus yang mengatakan gereja Katolik harus meneliti kegagalan-kegagalan yang memungkinkan dilakukannya pelecehan seksual oleh imam dalam dimensi yang tidak terbayangkan.

Dirilis VOA, sejumlah perwakilan dalam konferensi tersebut mengatakan gereja juga akan membayar untuk konseling dan terapi bagi para korban yang kasusnya melampaui statuta di Jerman tentang pembatasan selama 20 tahun.  Pada kasus-kasus serius khususnya, para korban akan menerima tambahan bantuan keuangan.

Jerman, merupakan salah satu dari sejumlah negara di mana warga Katolik menuntut akuntabilitas gereja atas pelanggaran seksual yang dilakukan oleh para pastornya selain juga umat Katolik di Irlandia, Belanda dan Belgia menuntut akutabilitas gereja atas pelecehan-pelecehan itu, yang mulai terbongkar delapan tahun yang lalu di Amerika dan kemudian ternyata juga terjadi di Eropa.

Atas skandal yang masih meluas ini, Paus membela kebanyakan imam karena karya mereka yang baik, tetapi gereja pun harus melakukan introspeksi guna mengetahui apa yang menyebabkan pelecehan itu sampai terjadi.

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami