Vatikan Kutuk Keras Pembunuhan Menteri Kristen Pakistan

Internasional / 3 March 2011

Kalangan Sendiri

Vatikan Kutuk Keras Pembunuhan Menteri Kristen Pakistan

daniel.tanamal Official Writer
3167

Pembunuhan terhadap Menteri untuk Agama Minoritas Pakistan Shahbaz Bhatti yang gencar menginginkan perubahan demi pengampunan bagi rakyat dan juga satu-satunya anggota kabinet Pakistan yang beragama Kristen segera mengundang reaksi dan kecaman dari seluruh dunia, salah satunya otoritas tertinggi Katolik, Vatikan yang meminta negara itu segera mengakhiri membunuh minoritas Kristen.

Hal ini dinyatakan oleh juru bicara Vatikan, Federico Lombardi yang menyerukan bahwa penembakan itu adalah sebuah aksi kekerasan terbaru yang menakutkan. “Kami berdoa untuk korban dan kami mengecam tindak kekerasan yang sangat tidak bisa diterima itu dan kami turut berduka bersama umat Kristen di Pakistan. Kami berharap adanya kebebasan beragama dan perlunya perlindungan terhadap orang Kristen yang selalu mendapat kekerasan dan pembunuhan,” kata Lombardi.

Bhatti tewas ditangan tiga pria yang menembaki mobilnya, di garasi orangtuanya. Satu orang menembaki dengan senapan Kalashnikov dan segera melarikan diri dengan Suzuki Mehran berwarna putih. Bhatti yang pada September tahun lalu bertemu Paus Benediktus XVI dan Bapa Suci, memberikan testimoni atas upayanya agar komunitas agama bisa hidup berdampingan secara damai di negaranya. Presiden Aliansi Semua Minoritas Pakistan dan Ketua Front Pembebasan Kristen ini dikenal sangat vokal menentang peraturan penistaan Agama di negara itu. Ancaman pembunuhan pun sering dialamatkan pada dirinya.

Menurut rilis ABC, Taliban Pakistan menyatakan bertanggung-jawab atas pembunuhan itu, dan mengatakan dalam pamflet yang ditemukan di lokasi kejadian bahwa mereka sengaja mengincar Bhatti karena kepercayaan yang dianutnya dan menduganya sebagai anggota komite yang mengkaji ulang hukum baru tersebut.


 

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami