Gadis Pemulung yang Tanpa Putus Asa Mengejar Mimpi

Nasional / 16 February 2011

Kalangan Sendiri

Gadis Pemulung yang Tanpa Putus Asa Mengejar Mimpi

Lois Official Writer
5018

Pande Komang Surtyanita, melukiskan kisah hidup Ni Wayan Mertayani (16) dengan begitu memilukan dalam sebuah buku berjudul “Potret Terindah dari Bali”. Ni Wayan yang biasa diapanggil Sepi itu kehilangan ayah dan rumah tinggal sehingga dia bersama ibu dan adiknya pindah ke sebuah gubuk di tepi Pantai Amed, Kabupaten Karangasem, Bali bagian timur. Di gubuk itu, Sepi menjual makanan dan sesekali memulung barang bekas setelah pulang sekolah karena ibunya dalam kondisi sakit-sakitan.

Hingga suatu ketika, ia bertemu dengan turis asal Belanda bernama Dolly yang meminjami kamera untuk belajar memotret. Hasil jepretan Sepi kemudian didaftarkan oleh Dolly pada lomba foto internasional yang diadakan Yayasan Anne Frank di Belanda dengan tema “Apa Harapan Terbesarmu”. Tak disangka, foto Sepi yang berobjek ayam yang sedang bertengger di pohon singkong karet berhasil menjadi pemenang dan mengalahkan 200 peserta lain dari berbagai negara.

Menurut Suryanita, objek foto Sepi berupa ayam merupakan representasi diri Sepi. Bila hujan ia kehujanan begitu juga kala panas menyengat. “Namun, cerita hidup Sepi bukan bermaksud mencari simpati dari pembaca tentang nasib kurang beruntung yang dialaminya. Justru, kisah itu kami angkat menjadi buku, dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia agar tidak pernah menyerah dalam menjalani hidup,” ujar Suryanita. Sepi tak pernah berhenti berupaya agar roda hidupnya bergulir lebih baik.

Tak jauh berbeda dengan kisah hidup Anne Frank, yakni seorang gadis Yahudi yang bertahun-tahun hidup dalam persembunyian untuk menyelamatkan diri dari tentara Nazi. Dalam persembunyian, Anne menulis dalam buku harian tentang cita-cita yang ingin diraihnya kalau keadaan sudah aman. Itulah juga yang dialami Sepi. Meski hidupnya sulit dan membuatnya tak bisa berkelit, namun mimpi dan cita-citanya untuk menjadi jurnalis tak pernah putus asa.

Kiranya kisah inspiratif ini dapat mendorong Anda untuk lebih lagi optimis dan yakin bahwa apapun impian Anda, semuanya dapat dicapai. Berusahalah karena Tuhan pasti memberikan kepada kita semua masa depan yang penuh harapan.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami