Tips Keharmonisan Rumah Tangga ala Habibie

Nasional / 16 February 2011

Kalangan Sendiri

Tips Keharmonisan Rumah Tangga ala Habibie

Lois Official Writer
4153

Meskipun hari Valentine sudah lewat, namun bukan berarti kasih sayang kita kepada orang lain tidak bisa kita ungkapkan. Khususnya kepada orang-orang terdekat kita yaitu keluarga, kita harus menjaga keharmonisan rumah tangga tersebut. Untuk itu, Mantan Presiden RI Baharuddin Jusuf Habibie berbagi tips keharmonisan rumah tangga dan sejumlah pengalaman hidupnya.

Salah satu rahasia keharmonisan bersama almarhumah istrinya Ainun Habibie adalah bentuk-bentuk kepedulian kecil yang diberikan melalui pertanyaan-pertanyaan menjelang tidur. Dengan kata lain, sesibuk apapun kita, kita perlu melakukan komunikasi dengan orang-orang terdekat kita. Jangan sampai hal ini dilupakan.

Ainun juga memberikan kepedulian kecil kepada Habibie dengan mengingatkan tentang makanan atau obat yang harus diminum. Menurutnya, bentuk-bentuk kepedulian tersebut terus dilakukan bahkan ketika almarhumah dalam keadaan sakit waktu itu.

Namun, tentunya kehidupan rumah tangganya juga pernah diwarnai dengan bumbu-bumbu pertengkaran karena bentuk kepedulian-kepedulian tadi. “Memangnya kamu superman?” kata Habibie menirukan ucapan almarhum istrinya jika ia terlalu asyik bekerja hingga larut malam. Tentu saja hal seperti ini diperlukan, kita perlu saling mengingatkan orang yang kita kasihi meskipun terkadang tidak mengenakkan.

Rahasia keharmonisan yang paling mendasar adalah dalam hubungannya dengan almahumah adalah menjaga kemurnian dengan tidak menyimpan satupun rahasia, seberat apapun yang dihadapi. Ia meyakini, kesuksesan yang berhasil diraihnya adalah karena cinta dan tidak berlebih-lebihan dalam apapun.

Selain itu, berdasarkan pengalaman profesionalnya, Habibie juga mengatakan, “Jangan banyak janji, laksanakan dulu satu janji,” katanya. Tentunya hal ini dapat dijadikan contoh kepada kita. Hubungan yang seperti apa yang Anda punyai bersama orang-orang terkasih Anda?

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami