Lima Langkah Untuk Jadi Bos Bagi Diri Sendiri

Investment / 14 February 2011

Kalangan Sendiri

Lima Langkah Untuk Jadi Bos Bagi Diri Sendiri

Puji Astuti Official Writer
6528

Banyak orang bermimpi suatu saat bisa menjadi bos bagi diri sendiri. Untuk itu, menjadi seorang wirausahawan menjadi karir yang dibidik oleh banyak orang terutama generasi muda masa kini. Tapi apakah Anda berbakat untuk menjadi pengusaha? Berapa besar kemungkinan untuk seseorang bisa menjadi seorang pengusaha? Berikut adalah 5 tips untuk memulainya:

  1. Jangan berpikir bahwa Anda terlalu tua untuk memulai. Jeff Bussgang, seorang pengusaha dan rekanan dari Flybridge Capital dan seorang pengusaha di Residence Havard Business School memberikan hasil penelitian yang menarik tentang ini: Yayasan Kauffman memberikan laporan bahwa rata-rata pendiri usaha adalah 39 tahun – tepat di titik tengah usia karir professional – dan 69% berumur 35 tahun ke atas. Bahkan hasil penelitian Washington University menunjukkan umur tidak memberikan pengaruh yang besar dalam keberhasilan seorang pengusaha.
  2. Buat diri Anda nyaman dengan keahlian menjual. Seberapa baik Anda menjual diri sendiri? Ini adalah resep kunci kedua untuk memulai usaha Anda. Kepecayaan diri adalah setengah dari pertempuran, untuk memenangkan pertempuran dalam dunia usaha Anda harus dapat memasarkan diri Anda selama masa-masa awal usaha Anda.
  3. Kuatkan diri Anda untuk masa-masa sulit. Mengapa? Karena di awal karir Anda sebagai pengusaha, pasti Anda akan melewati dimana Anda merasa di dorong melakukan sesuatu yang diluar kemampuan Anda. Bertahanlah!
  4. Bangunlah kemampuan tebal muka. Kita semua ingin diperlakukan dengan hormat. Namun ketika Anda memasuki sebuah wilayah yang baru atau sesuatu yang baru, Anda menjadi anak baru atau anak bawang, memulai dari bawah. Hal ini memerlukan penyesuaian psikologis. Pada masa-masa ini, seorang sahabat atau pasangan yang mendukung akan membantu Anda melewati masa-masa transisi yang menyakitkan tersebut.
  5. Beri ruang untuk kesalahan seluas mungkin. Ini mungkin lebih mudah dikatakan dari pada dilakukan. Tetapi Anda harus menghadapi, bahwa untuk mencapai keberhasilan Anda harus belajar dari banyak kesalahan. Anda harus berbesar hati untuk memaafkan diri Anda sendiri sebanyak mungkin. Mungkin ego Anda hancur, apa lagi Anda juga tidak luput dari berbagai kritikan, namun Anda harus mengijinkan kasih karunia bekerja dalam hidup Anda. Tanpa kasih karunia dimana kesalahan dapat dimaafkan, Anda tidak bisa mengukir keberhasilan.

Untuk memulai hal-hal baru, itu artinya Anda harus belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada di sepanjang jalan menuju keberhasilan. Investasi awal yang paling berharga adalah diri Anda sendiri yang bersedia bekerja keras dan memiliki mental yang baja. Ingatlah bahwa keberhasilan hanyalah mencoba satu kali lebih banyak dari kegagalan yang Anda alami, jadi jangan pernah menyerah untuk mencoba.

Sumber : Forbes.com
Halaman :
1

Ikuti Kami