Biarawan Lithuania Protes Keras Pemasangan Iklan Bir

Nasional / 11 February 2011

Kalangan Sendiri

Biarawan Lithuania Protes Keras Pemasangan Iklan Bir

daniel.tanamal Official Writer
2744

Sebuah Billboard yang memajang iklan minuman di pinggir jalan sebuah kota Lithuania memancing emosi dan protes dari para pendeta dan biarawati Katolik. Mereka meminta perusahaan minuman untuk menarik iklannya. Alasannya iklan tersebut memasang gambar seorang pendeta yang sedang memegang dan menikmati segelas bir.

Konferensi biarawan dan biarawati dari negara yang didominasi oleh 79 persen umat Katolik Roma ini mengatakan bahwa mereka merasa terhina oleh iklan tersebut dan telah segera melayangkan surat protes ke perusahaan tersebut. Iklan itu sendiri diproduksi oleh pabrik minuman terbesar di negara tersebut, Svyturys-Utenos, yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh merek dagang terkenal dunia, Carlsberg.

Seperti dilansir Reuters Kamis(10/2), Svyturys-Utenos segera tanggap meminta maaf dan berjanji akan mencabut iklan tersebut secepatnya, seraya berargumen kecil bahwa bahwa iklan tersebut dibuat untuk menggambarkan para biarawan jaman dahulu yang juga memproduksi bir di negara yang menjadi peringkat pertama dunia untuk kasus bunuh diri pada warga masyarakatnya.

Beberapa ide pembuatan iklan minuman terutama iklan bir memang kerap dianggap “terlalu kreatif” hingga terkadang melewati batas kewajaran. Seperti tahun lalu iklan bir dengan model Paris Hilton banyak mendapat kecaman karena posenya yang dianggap berlebihan dan agak “panas”. Bahkan ada yang memuat gambar Tuhan Yesus, “King Of Jews n King Of Beer”, hingga kini belum ada protes yang diberitakan.

Sumber : Reuters/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami