Sudan Selatan Akan Menjadi Negara Terbaru Di Dunia

Nasional / 10 February 2011

Kalangan Sendiri

Sudan Selatan Akan Menjadi Negara Terbaru Di Dunia

Lestari99 Official Writer
3574

Hasil pemilihan referendum kemerdekaan di Sudan akan membuat bagian selatan negara tersebut menjadi negara terbaru di dunia pada bulan Juli mendatang.

Petugas pemilihan mengatakan pada hari Senin bahwa lebih dari 98 persen suara yang dilakukan pada 9 Januari lalu mendukung kemerdekaan untuk Sudan Selatan.

Presiden Sudan Omar Al-Bashir, yang telah didakwa atas kejahatan perang di Darfur mengatakan ia mendukung hasil pemilu.

Sudan utara dan selatan telah mengalami perang saudara selama puluhan tahun yang berakhir pada tahun 2005 dengan perjanjian damai yang menjamin diadakannya pemungutan suara pada bulan lalu. Lebih dari 2 juta orang tewas dalam perang.

Kedua belah pihak saat ini harus menegosiasikan batas negara, hak kewarga-negaraan dan hak-hak atas minyak.

Amerika Serikat juga melihat adanya peranan Sudan sebagai sponsor teroris. Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengatakan penunjukan akan dilakukan jika Sudan tidak lagi menjadi sponsor bagi teroris selama enam bulan dan memastikan dukungan itu tidak akan terjadi lagi di masa yang akan datang.

Perjanjian perdamaian yang dilakukan pada tahun 2005 juga harus sepenuhnya diberlakukan.

Perang dan konflik tidak pernah menghasilkan sesuatu yang positif selain penderitaan dan kesengsaraan yang memakan banyak korban yang tidak bersalah. Langkah awal perdamaian ini dapat dipastiakn akan membawa angin segar bagi rakyat Sudan yang sudah lama mendambakan kehidupan damai tentram.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami