Lingkungan Ideal Faktor Penting Kesuksesan Anda

Career / 9 February 2011

Kalangan Sendiri

Lingkungan Ideal Faktor Penting Kesuksesan Anda

Puji Astuti Official Writer
5383

Seperti tumbuhan yang membutuhkan lingkungan yang tepat agar dapat bertumbuh dengan baik, demikian juga manusia. Agar Anda bisa bertumbuh dan memaksimalkan potensi yang ada dalam hidup Anda, Anda butuh sebuah lingkungan yang tepat. Jika tidak, maka Anda akan menjadi seperti pohon yang berada di lingkungan yang rusak dan tercemar.  Pohon yang berada di lingkungan yang tercemar atau rusak, pertumbuhannya akan terhambat, bisa saja ia menjadi pohon yang kerdil bahkan layu dan mati.

Jadi, potensi Anda berbanding lurus dengan lingkungan dimana Anda berada. Anda membutuhkan lingkungan yang ideal untuk mencapai potensi maksimal Anda. Apa yang terjadi dalam hidup Anda berhubungan dengan siapa Anda tinggal, dengan siapa Ada bergaul, dimana Anda menghabiskan waktu Anda dan dengan makanan seperti apa Anda memberi makan pikiran dan jiwa Anda. Perlu Anda garis bawahi bahwa apa yang masuk dalam hidup Anda mempengaruhi performa kehidupan Anda.

Namun ada kabar baik bagi Anda, jika selama ini mencari lingkungan ideal itu, maka hal itu tidak perlu lagi karena Anda bisa menciptakan lingkungan ideal tersebut. Kita bisa belajar tentang hal ini dari kitab Kejadian di mana manusia pertama Tuhan tempatkan, Taman Eden.

Kejadian 2:8-9

Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Kejadian 2: 15-17

TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Dari ayat tersebut kita bisa belajar bahwa :

  1. Tuhan yang menciptakan taman tersebut (ayat 8)
  2. Tuhan menyediakan semua kebutuhan manusia di taman itu (ayat 9a).
  3. Tuhan yang menempatkan manusia di taman itu (ayat 15).
  4. Manusia disana untuk mengusahakan dan memelihara taman tersebut (ayat 15).
  5. Tuhan memberikan batasan yang tidak boleh dilanggar oleh manusia (ayat 16-17).

Dari kisah di atas kita bisa melihat bahwa Tuhan merupakan pusat lingkungan ideal manusia. Tanpa Tuhan, lingkungan sebaik apapun tidak akan membuat Anda bertumbuh dan mencapai potensi maksimal Anda. Anda membutuhkan hubungan yang intim dengan Tuhan, baik saat Anda bersantai, bersama keluarga, teman atau saat bekerja. Anda memerlukan bimbingan-Nya untuk mengusahakan dan memelihara lingkungan dimana Anda hidup. Tanpa semua itu, pertumbuhan Anda akan terhambat dan tidak dapat berkembang sesuai rencana dan tujuan yang telah Tuhan tetapkan.

Sama seperti ular yang datang dan menghasut Hawa sehingga ia jatuh dalam dosa, demikian juga apa yang masuk dalam pikiran kita dapat membuat kita keluar dari lingkuangan ideal kita. Untuk itu, Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala atas kondisi lingkungan Anda. Berikut ini adalah beberapa daftar yang perlu Anda evaluasi, karena dapat mencemari lingkungan kehidupan Anda:

1. Dengan siapa Anda bergaul dan bersahabat?

2. Buku apa yang And abaca?

3. Film-film apa yang Anda tonton?

4. Majalah atau koran apa yang ada di meja Anda setiap harinya?

5. Apa sajakah hobi Anda?

6.  Kegiatan rekreasi apa yang Anda lakukan?

7.  Musik seperti apa yang Anda dengar?

8.  Siapa yang menjadi idola Anda?

9.  Siapa yang memberi makan Anda secara rohani?

10.Seperti apakah kondisi rumah, tempat kerja atau pergaulan Anda? Apakah semua itu mendukung Anda untuk bertumbuh?

Ingatlah bahwa apa yang masuk dalam hidup Anda harus disaring, dianalisa, dan disesuaikan dengan cermat sehingga apa yang Anda konsumsi adalah sesuatu yang positif dan mengaktifkan, meningkatkan dan mendorong Anda untuk bertumbuh mencapai potensi Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami