Stefaan Engels, Raja Marathon Mengikuti 365 Pertandingan Dalam Setahun

Nasional / 8 February 2011

Kalangan Sendiri

Stefaan Engels, Raja Marathon Mengikuti 365 Pertandingan Dalam Setahun

Lestari99 Official Writer
2680

Seorang pelari Belgia telah menetapkan rekor dunia baru setelah secara menakjubkan menyelesaikan 365 pertandingan marathon dalam setahun, jumlah yang sama dengan jumlah hari dalam setahun.

Stefaan Engels, 49, melintasi garis finis pada balapan terakhirnya di Barcelona, Spanyol, setelah menggempur jalan-jalan di beberapa negara Eropa dan Amerika Utara sepanjang tahun lalu.

Dijuluki ‘Marathon Man’, Stefaan sebenarnya didiagnosa menderita asma saat ia masih kecil dan disarankan untuk tidak melakukan aktivitas olahraga.

Stefaan mengatakan ia melewati tantangan yang luar biasa untuk memberikan contoh kepada orang lain.

“Setelah menjalankan 20 triathlon dalam setahun, saya belum siap untuk kembali ke kehidupan normal,” ujarnya.

“Saya juga ingin menginspirasi orang lain dengan menunjukkan bahwa jika saya bisa melakukan marathon setiap hari selama setahun penuh, maka setiap orang bisa berlari atau bersepeda sejenak setiap hari atau melakukan sesuatu dengan masalah berat badan mereka.”

Stefaan Engels sudah memegang rekor sebagai orang yang paling banyak melakukan Triathlon dalam setahun setelah menyelesaikan 20 pertandingan dari tahun 2007 sampai 2008.

Stefaan total telah berlari sepanjang 9.569 mil sepanjang tahun dan mengatakan kunci kesuksesannya adalah dengan berlari pelan-pelan selama menempuh jarak marathon 26,2 mil.

“Saya pulih dengan cepat. Saya tidak berlari cepat dan jantung saya tidak berdetak dengan cepat, dibawah 100 jika saya berlari 10 kilometer, tetapi melakukan hal ini sebenarnya lebih dari hanya sekedar cerita mental.”

“Masalahnya adalah saya berpikir untuk melakukan lari marathon setiap hari. Saya hanya berkata pada diri saya sendiri untuk berlari di hari itu dan tidak memikirkan tentang besok maupun minggu depan.”

Stefaan secara mengesankan rata-rata membutuhkan waktu empat jam untuk menyelesaikan setiap pertandingan marathon yang dijalaninya, dengan waktu tercepat dua jam 56 menit.

Pertandingan marathon yang diikutinya diadakan di Inggris, Spanyol, Portugal, Belgia, Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

Melakukan marathon setiap hari merupakan usaha kedua yang dijalaninya setelah ia menderita cedera kaki 18 hari pertama memasuki tahun di tahun lalu.

Rekor sebelumnya dipegang oleh pelari Jepang Akinori Kusuda, yang melakukan lari marathon 52 kali berturut-turut pada usia 65 tahun di tahun 2009.

Stefaan menambahkan, “Ada banyak momen saat saya berpikir, ‘Hari ini saya tidak akan sanggup menyelesaikannya’.”

“Saat ini adalah waktu untuk melakukan hal lainnya. Saatnya untuk memberikan istirahat pada tubuh saya.”

Kerinduan untuk menjadi inspirasi bagi orang lain membuat Stefaan Engels tidak menyerah meskipun ia bisa memilih untuk menyerah. Hasil kerja kerasnya membuahkan hasil dan hidupnya menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Sumber : dailymail
Halaman :
1

Ikuti Kami