PGI Minta Umat Kristen Tenang Dan Tidak Membalas Aksi Bakar Gereja

Nasional / 8 February 2011

Kalangan Sendiri

PGI Minta Umat Kristen Tenang Dan Tidak Membalas Aksi Bakar Gereja

daniel.tanamal Official Writer
4336

Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) segera merespon aksi pembakaran gereja di Temanggung Jawa Tengah dengan meminta agar agar umat Kristiani tenang dan tidak membalas aksi massa. Hal ini disampaikan melalui Ketuanya Pdt. Andreas Yewangoe mendesak aparat kepolisian untuk serius dalam menjaga keamanan untuk mencegah kecemasan umat beragama.

"Tapi, kami minta agar aparat betul-betul menjaga keamanan. Jangan biarkan kewibawaan negara dikuasai sekelompok orang. Ini bisa menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat, karena menjaga keamanan adalah tugas kepolisian," ujarnya saat dihubungi Selasa (8/2). Dirinya sangat menyesalkan tindakan anarkis massa yang tidak pada tempatnya dan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

Menurutnya, masyarakat bisa menggunakan istrumen hukum jika memang tidak puas pada hasil sidang. Dalam hal ini PGI telah mendapat laporan mengenai sejumlah gereja yang dibakar massa. Namun hingga saat ini pihaknya belum memastikan detailnya. "Kami masih terus mengumpulkan informasi," ujarnya.

Pembakaran gereja oleh sekelompok massa ini dipicu putusan sidang penistaan agama di Pengadilan Negeri Temanggung, Jawa Tengah, siang tadi. Massa yang tidak puas dengan vonis lima tahun untuk terdakwa Antonius Richmond Bawengan, sebelumnya mengamuk dan menggulingkan truk polisi yang akhirnya melebar ke wilayah lain di sekitarnya. Sebanyak sembilan orang mengalami luka dan kini dalam perawatan di RSUD Temanggung

 

 

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami