Setara Institut Desak SBY Copot Menteri Agama

Nasional / 7 February 2011

Kalangan Sendiri

Setara Institut Desak SBY Copot Menteri Agama

daniel.tanamal Official Writer
4442

Setara Institute menilai bahwa semua rangkaian peristiwa terhadap jemaat Ahmadiyah dipicu oleh fatwa MUI dan provokasi Menteri Agama RI yang terus bertekad membubarkan Ahmadiyah. Merujuk pada laporannya pada 2009 dan 2010 yang memperlihatkan peningkatan tajam pelanggaran HAM, Setara Institut mendesak agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencopot Menteri Agama Suryadharma Ali.

Hal ini disampaikan ketika Ketua Setara Institute, Hendardi, Senin (7/2/2011). mengecam aksi penyerangan terhadap jamaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, yang berujung pada kematian 3 orang pengikutnya. "Menteri Agama Suryadharma Ali yang nyaris tidak melakukan tindakan dan prakarsa apapun yang kondusif atas ratusan pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, kata Hendardi, pihaknya juga mendesak Presiden untuk memerintahkan Kapolri memberikan jaminan keamanan kepada jemaat Ahmadiyah, menangkap dan memproses secara hukum pelaku-pelaku kekerasan, dan memeriksa Kapolres Pandeglang akibat kegagalannya memberikan perlindungan dan membiarkan aksi kekerasan terjadi.

Hendardi mengatakan, aksi kekerasan terus berlanjut akibat ketundukan aparat Polri pada organisasi-organisasi Islam garis keras tanpa mau mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang melakukan aksi kekerasan. "Pembiaran  terus menerus terhadap aksi kekerasan telah mempertebal impunitas pelaku kekerasan dan melahirkan preseden buruk bahwa seolah-olah tindakan apapun terhadap Ahmadiyah dapat dibenarkan. Apapun alasannya kekerasan adalah tindakan kriminal yang harus ditindak dan diproses secara hukum," ujar dia.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami