Arkeolog Israel Temukan Makam Zakharia di Dalam Gereja Kuno

Arkeolog Israel Temukan Makam Zakharia di Dalam Gereja Kuno

Lois Official Writer
3086

Satu lagi terbukti bahwa apa yang diceritakan Alkitab benar adanya. Arkeolog Israel telah menemukan makam Zakharia, nabi sebelum lahirnya Yesus Kristus, yang selama ini menjadi misteri. Penemuan itu berawal ketika tim arkeolog menemukan sisa reruntuhan bangunan gereja yang hancur akibat gempa 1300 tahun lalu. Gereja ini ditemukan di lereng bukit Yudea, Horbat Midras, Israel. Konon gereja seluas lapangan basket itu memiliki gua rahasia di dalamnya dan di gua inilah para arkeolog meyakini makam Zakharia tersembunyi.

“Para peneliti percaya hasil analisis terhadap reruntuhan gereja menunjukkan pembangunan gereja itu sengaja dibuat guna menandai makam Zakharia,” demikian pernyataan resmi Lembaga Purbakala Israel. Lembaga Purbakala Israel itu juga menyatakan bahwa di bawah altar gereja adalah sebuah ruang pemakaman yang sempat dirampok oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan merujuk pada Injil yang ditulis 520 SM, ruangan itu merupakan makam Zakharia.

Kepala Unit Anti Perampokan dan Pencegahan Kekayaan Purbakala, Lembaga Purbakala Israel, Amir Genor mengatakan pihaknya sudah bertahun-tahun mendalami temuan tersebut. Sayangnya, dia mengatakan banyak benda-benda yang seharusnya bisa dijadikan petunjuk telah dicuri. Kini mereka hanya bisa merujuk pada sumber-sumber Kristen.

Shai Bartura, wakil Gnor, mengatakan gereja yang digunakan antara abad ke 5 Masehi dan & ini adalah penemuan unik karena ukuran dan kondisi yang baik. Konon gua-gua yang ditemukan sebelumnya sempat digunakan oleh pemberontak Yahudi guna memerangi Romawi dalam pemberontakan Bar Kokhba pada 132 AD.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami