Seorang Hakim Didakwa Karena Poster Sepuluh Perintah Tuhan

Internasional / 6 February 2011

Kalangan Sendiri

Seorang Hakim Didakwa Karena Poster Sepuluh Perintah Tuhan

daniel.tanamal Official Writer
3637

Akibat memasang poster sepuluh perintah Tuhan  di ruang sidang, James DeWeese seorang hakim senior Richland County Ohio terancam hukuman oleh Pengadilan Banding di Amerika Serikat. Sebelumnya kasus ini sudah disidangkan namun berhenti ditengah jalan karena sidang dianggap tidak kontekstual.

Dirilis Dispatch Politics, Pemasangan poster sepuluh perintah Tuhan tersebut dianggap pengadilan banding inkonstitusional dan melanggar Amandemen Pertama. Hakim DeWeese memasang poster sepuluh perintah Tuhan di ruang sidangnya di Mansfield. Poster tersebut bukanlah sekedar poster, namun sebuah poster yang didesain dan di buat sendiri oleh Hakim DeWeese. Judulnya adalah Philosophies of Law in Conflict, yang membandingkan antara nilai sepuluh perintah Tuhan dan nilai humanisme.

Tentu hal tersebut menimbulkan perdebatan serius karena nilai sepuluh perintah Tuhan berbeda dengan pola pikir nilai humanisme yang mengesampingkan keyakinan agama dan menyatakan bahwa manusia mengendalikan tindakan mereka sendiri. Americans United for Separation of Church and State sebuah institusi pemisahan gereja dan negara yang atas kasus ini mendapat tentangan argumen oleh American Civil Liberties Union dari Ohio, memuji pengadilan banding dalam sebuah pernyataan resmi.

“Saya senang melihat kenyataan dan langkah pengadilan banding yang mengusut dan akan memberi hukuman kepada Hakim DeWeese, karena perbuatannya mempromosikan keyakinan pribadinya agama di ruang sidang adalah perilaku tidak pantas,” ujar Rev Barry W. Lynn. Hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi langsung dari Hakim DeWeese, dan pengadilan masih tertunda oleh cuaca buruk di Ohio

 

Sumber : Jawaban.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami