Kapan Saat Yang Tepat Membicarakan Seks Pada Anak?

Marriage / 1 February 2011

Kalangan Sendiri

Kapan Saat Yang Tepat Membicarakan Seks Pada Anak?

Lestari99 Official Writer
3230

Pertanyaan ini seringkali menjadi pertanyaan yang umum ditanyakan setiap orangtua. Kapan saat yang tepat mulai membicarakan seks pada anak? Pada usia berapa orangtua harus berbicara mengenai seks kepada anak-anak mereka?

Pastor Mark Driscoll dan istrinya Grace mencoba menjawab pertanyaan ini dengan jujur. Orangtua Kristen seharusnya menjadi orang pertama yang membicarakan masalah ini kepada anak-anak mereka. Usia terbaik untuk membahas seks dapat bervariasi pada masing-masing anak. Tapi jika orangtua membuat kesalahan, mereka lebih baik membuat kesalahan untuk membahas topik ini terlalu cepat kepada anak-anak mereka dibandingkan sudah terlambat.

Pastikan terlebih dahulu bahwa jalur komunikasi yang terbuka dan jujur antara orangtua dan anak adalah hal yang terpenting. Orangtua harus menyadari ketelitian dan keingintahuan anak-anak mereka melalui pertanyaan yang diajukan dan harus menjawabnya dengan kejujuran hikmat yang alkitabiah sebagaimana bapa di kitab Amsal.

Hal yang terakhir adalah, orangtua yang saleh tidak perlu malu atau mempermalukan anak mereka ketika membicarakan hal ini, namun memperlakukan anak-anak mereka sebagai pribadi yang akan bertumbuh menjadi dewasa. Aturan umum yang berlaku adalah, percakapan seksual harus dimulai pada anak-anak sejak dini, dengan mengajarkan kepada mereka hal-hal yang dapat menghindari mereka dari pelecehan seksual, dan bertumbuh dengan mengenal sentuhan fisik romantis maupun sentuhan lainnya sejalan dengan perubahan biologis mereka di usia sepuluh tahun.

Bahaslah bersama mereka bagaimana Tuhan menciptakan seks bagi pria dan wanita yang sudah menikah, dan perubahan yang terjadi atas tubuh mereka saat mereka bertumbuh dewasa sebagaimana Tuhan menciptakan tubuh manusia, dapat membantu mereka untuk melihat seksualitas sebagai hal yang normal, aman dan keindahan di balik ikatan pernikahan.

Jika Anda membangun kepercayaan anak-anak Anda kepada Tuhan dan Firman-Nya sejak usia dini, secara alami mereka akan semakin mempercayai perkataan Anda yang selaras dengan Firman tuhan.

Sayangnya, rata-rata anak laki-laki melihat pornografi pertama kali melalui internet di usia sebelas tahun, yang berarti menunggu sampai anak melewati usia sepuluh tahun biasanya sudah sangat terlambat untuk membangun fondasi alkitabiah yang solid mengenai seksualitas karena batu bata pertama telah diletakkan oleh pengajaran dunia ini.

Sumber : blog.marshillchurch.org
Halaman :
1

Ikuti Kami