Makin Ricuh, Satu Juta Rakyat Mesir Unjuk Rasa

Nasional / 1 February 2011

Kalangan Sendiri

Makin Ricuh, Satu Juta Rakyat Mesir Unjuk Rasa

Lois Official Writer
2524

Hari ini (1/2), akan dilakukan aksi unjuk rasa besar-besaran oleh warga Mesir. Diperkirakan akan ada satu juta warga yang diperkirakan akan turun ke jalan-jalan di Kairo untuk menuntut Presiden Mesir Husni Mubarak. “Semalam sudah diputuskan, besok (hari ini, red) satu juta orang akan turun ke jalan,” kata Edi Mohammed, demonstran yang mengatur aksi massa besok. “Kami juga akan bergabung dengan para pekerja di Suez sampai tuntutan kami tercapai.”

Puluhan ribu orang telah turun ke jalan enam hari belakangan di kota Kairo, Suez, Alexandria, hingga Al Arish dekat perbatasan Palestina. Seperti yang kita ketahui bersama, mereka ingin Mubarak mundur. Massa juga meminta pemerintah melakukan reformasi untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan standar hidup.

Akibat dari aksi unjuk massa ini, menyebabkan 38 orang tewas dalam bentrokan antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan. Lebih dari 2000 orang yang mengalami luka-luka. Akibat itu juga, banyak keluarga di Mesir yang kesulitan mendapatkan makanan pokok seperti roti dan beras. “Semua sudah habis. Aku punya tiga anak, aku hanya punya persediaan makanan untuk dua hari lagi. Setelah itu aku tidak tahu lagi,” kata seorang warga bernama Gamalat Gadalla.

Kedutaan Besar Indonesia di Mesir akan mengevakuasi warga Indonesia di sana yang berjumlah 6149 orang, terdiri dari 4297 mahasiswa, 1002 tenaga kerja dan selebihnya staf kedutaan besar dan keluarga. Kedutaan telah memfasilitasi kepulangan 370 wisatawan Indonesia dari Mesir.

Mesir ricuh besar dan keadaan sangat tidak stabil di sana. Ini memperparah keadaan yang sebelumnya sudah parah dimana kelaparan dan korupsi yang merajalela. Jangan sampai ada lagi pertumpahan darah di sana.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami