2 Gereja dan 1 Situs Sejarah Kristen Jadi Target Aksi Terorisme

Internasional / 26 January 2011

Kalangan Sendiri

2 Gereja dan 1 Situs Sejarah Kristen Jadi Target Aksi Terorisme

daniel.tanamal Official Writer
5178

Delapan tersangka teroris yang diamankan oleh Densus 88 dalam rangkaian penyisiran teroris di Sukoharjo dan Klaten, Jawa Tengah, Selasa (25/1) kemarin, ternyata diketahui berencana meledakkan bom di 8 lokasi berbeda. Rencananya bom tersebut akan diledakkan antara 1 Desember 2010 hingga yang terakhir pada 21 Januari 2011.

Dari delapan lokasi peledakan bom tersebut tiga diantaranya adalah dua gereja yaitu Gereja Kopel Santo di Polanharjo, Sukoharjo dan Gereja Kristen Jawa Ketandan, Klaten, juga satu situs sejarah Kristen, Gua Maria Sriningsih di Sleman. Sedangkan sisanya adalah Pos Polisi di depan Rumah Sakit Islam Klaten; Pos Polisi di Karang, Delanggu, Klaten, dua lokasi pada peringatan keagamaan  di Jatinom, Klaten dan sebuah tempat ibadah di Delanggu, Klaten..

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Edward Aritonang, Selasa (25/1) menjelaskan bahwa rencana peledakan di 8 lokasi tersebut diduga bermaksud menimbulkan suasana yang ketidaktentraman di masyarakat. “Karenanya kami bersyukur tidak terjadi ledakan di 8 lokasi. Kecuali di satu lokasi, itupun kecil,” lanjutnya.

Kepolisian setempat meyakini delapan bom rakitan yang diletakkan di 8 lokasi di atas dibuat oleh kelompok yang sama, mengacu pada susunan dan rangkaian bom, pemeriksaan saksi, sidik jari yang tertinggal, dan penemuan barang bukti, serta benda-benda yang dipakai.

Edward belum bisa memastikan tujuan para tersangka teroris merencanakan aksinya tersebut karena pihaknya masih mengembangkan kemungkinan ada lokasi bom rakitan lain ataupun tersangka lainnya. “Masih kami dalami lagi, apa motivasi mereka melakukannya,” ucapnya.

 

Sumber : tempointeraktif/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami