Vatikan : Pejabat Publik Harus Punya Moralitas Dan Tanggung Jawab Hukum

Internasional / 22 January 2011

Kalangan Sendiri

Vatikan : Pejabat Publik Harus Punya Moralitas Dan Tanggung Jawab Hukum

daniel.tanamal Official Writer
2724

Atas beberapa kasus dan skandal yang terjadi menimpa para pejabat publik terutama pemimpin negara, otoritas tertinggi umat Katolik dunia Vatikan menyerukan agar para pelayan masyarakat tersebut mempunyai tanggung jawab moral dan integritas tertinggi terutama terhadap hukum dan legalitas.

Seperti dilansir NHK Jumat (21/1), hal itu dilontarkan Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Tarcision Bertone, sebagai sikap keprihatinan Vatikan atas skandal seks yang melibatkan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi. Ini adalah kali pertama Vatikan mengeluarkan komentar resminya mengenai skandal yang melibatkan politisi tertentu.

Beberapa kalangan menyebut desakan pihak gereja ini menjadi pukulan berat bagi Berlusconi yang terus menyangkal keterlibatannya dalam kasus tersebut. Sebelumnya, Berlusconi juga telah menolak memenuhi panggilan jaksa dalam kasus perkosaan yang melibatkan dirinya dengan gadis di bawah umur. Ia beranggapan ada konspirasi politik di balik semua tuduhan yang dilimpahkan kepadanya.

Moralitas seseorang menentukan langkah dan pola pikir seseorang dalam menjalankan tugas yang menyangkut hak dan kewajiban seseorang. Tidak terlepas seorang pemimpin seperti pejabar public, moralitas harus berpadu teguh dengan tanggung jawab besar. Karena dipundaknya berada suara rakyat yang merupakan suara Tuhan.

 

Sumber : bbc/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami