Tips Membesarkan Anak Perempuan Tanpa Tersesat

Tips Membesarkan Anak Perempuan Tanpa Tersesat

Lestari99 Official Writer
4337

Anak perempuan biasanya berbicara lebih awal, mudah terlibat secara sosial dan berkelakuan baik di sekolah. Namun saat mereka bertumbuh dewasa, terkadang mengasuh anak perempuan sedikit lebih menantang. Banyak orangtua yang merasa mudah untuk membesarkan anak perempuan pada awalnya, lalu kemudian tantangan mulai datang ketika mereka menginjak usia remaja. Dengan banyaknya harapan yang diberikan kepada mereka, berbagai macam sinyal dari masyarakat, dan banyaknya tekanan masyarakat, segala sesuatu menjadi lebih sulit bagi anak perempuan ketika mereka beranjak dewasa. Sangatlah penting bagi Anda untuk mengasuh putri Anda menjadi seorang yang percaya diri dan sukses di dunia yang masih menyulitkan kaum perempuan untuk meraih kesuksesan. Untuk mengasuh putri Anda secara efektif, berikut adalah beberapa tips pengasuhan yang dapat menolong Anda.

Tips #1 – Dorong Putri Anda Untuk Memiliki Gambar Diri Yang Sehat

Mungkin salah satu tips pengasuhan yang paling penting untuk membesarkan anak perempuan yang perlu diingat adalah dengan mendorong putri Anda untuk memiliki gambar diri yang sehat. Seiring bertambahnya usia, gambar diri seringkali menjadi masalah terutama saat media membom-bardir mereka dengan tayangan yang menampilkan model dengan penampilan yang nyaris sempurna. Hal ini dapat menyebabkan banyak tekanan pada perempuan saat mereka tumbuh dewasa, dan mengarah pada masalah seperti bulimia bahkan anoreksi. Ajar mereka untuk memiliki gambar diri yang baik sejak dini dan memperkuat hal ini saat mereka tumbuh dewasa dapat membantu. Puji putri Anda, puji penampilannya. Jika ia bertanya apakah ia cantik, jawablah dengan antusias, “Ya!” Bantulah anak Anda untuk menyadari bahwa para model yang mereka lihat itu telah di make over dan tidak ada wanita yang benar-benar dapat mencapai kesempurnaan itu. Biarkan putri Anda tahu bahwa kesempurnaan bukanlah definisi yang sebenarnya dari kecantikan.

Tips #2 – Berikan Teladan Dan Panutan Hidup Yang Baik Kepada Putri Anda

Tips baik lainnya adalah dengan memberikan diri Anda sebagai teladan yang baik, sebagaimana panutan yang baik lainnya. Para ibu, putri Anda sedang memperhatikan Anda dan mereka akan belajar dari sikap dan tindakan Anda. Tunjukkan betapa bangganya Anda menjadi seorang wanita. Jangan kritik diri Anda sendiri atau sikap itu akan ditiru putri Anda. Para ayah perlu untuk menunjukkan rasa hormat kepada wanita sebagai mitra yang setara. Tentu saja meskipun menjadi orangtua yang menunjukkan contoh yang baik sangatlah penting, namun putri Anda juga memerlukan wanita lain yang dapat dijadikan panutan. Bantu putri Anda untuk menemukan panutan dari seorang wanita kuat dan berhasil, apakah itu teman, anggota keluarga, atau bahkan wanita terkenal yang dikenal sebagai wanita yang kuat.

Tips #3 – Luangkan Waktu Berkualitas Bersama

Memiliki waktu yang berkualitas dengan putri Anda juga sangatlah penting. Putri Anda memerlukan waktu khusus dengan orangtuanya. Bangkitkan ikatan emosional dengan putri Anda sejak dini, yang dapat membantu menjaga komunikasi tetap terjalin dengan baik saat ia bertambah dewasa. Biarkan putri Anda tahu bahwa ia dapat membicarakan apa saja dengan Anda. Kenali putri Anda dengan sungguh-sungguh dan temukan hal-hal yang menjadikannya unik. Saat Anda meluangkan waktu bersama, Anda sedang membangun hubungan yang takkan berakhir, dan hal itu sangatlah penting.

Tips #4 – Jangan Paksa Putri Anda Untuk Berbaur

Sangat penting bagi Anda untuk tidak memaksa putri Anda berbaur saat masuk dalam lingkungan sosial. Ketika mereka melewati masa remaja, anak perempuan biasanya merasa berbeda. Biarkan mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri, bahkan jika mereka berbeda. Jangan buat mereka merasa bahwa mereka harus berbaur dalam idealisme sosial. Anda dapat melakukan ini dengan membantu mengarahkan energi mereka pada aktivitas yang positif seperti drama, olahraga, musik atau bahkan kegiatan keagamaan.

Tips #5 – Bantu Putri Anda Mengembangkan Harga Diri

Anda perlu membantu putri Anda mengembangkan harga diri mereka saat membesarkan mereka. Biarkan ia tahu betapa spesial dan unik dirinya. Saat ia mendapatkan nilai yang bagus, bertepuk tanganlah untuknya. Pujilah kesuksesannya dalam olahraga. Cobalah untuk fokus pada kesuksesan daripada memilih memperhatikan kegagalan mereka. Ingatlah bahwa setiap anak itu berbeda, dan prestasi yang dimilikinya mungkin bukanlah seperti apa yang Anda inginkan baginya saat ia masih muda. Tak peduli apapun tujuan maupun kelebihan yang mungkin dimilikinya, bantulah ia menyadari betapa pentingnya dirinya bagi Anda. Mengajarkan harga diri pada putri Anda saat ini akan membantu mereka terhindar dari hubungan yang merusak di masa depan.

Tips #6 – Dorong Putri Anda Untuk Mandiri

Terkadang orangtua cenderung memanjakan anak perempuan mereka. Hal ini bahkan membuat anak perempuan semakin sulit untuk bertumbuh. Namun, hal penting yang perlu Anda lakukan, terutama kepada putri Anda adalah dorong mereka untuk mandiri. Pastikan bahwa Anda mempersiapkan dirinya sehingga ia dapat menangani hal-hal yang akan dilemparkan kehidupan kepadanya. Dorong putri Anda sejak dini untuk berdiri di atas kedua kakinya sendiri sehingga akan membantunya untuk menjadi seorang wanita muda yang kuat dan mandiri dan akan membuat Anda bangga.

Tips #7 – Hindari Stereotip Tradisional

Terakhir, sangat penting bagi Anda untuk menghindari stereotip tradisional saat membesarkan putri Anda. Masyarakat biasanya memiliki stereotip bagi perempuan, seperti wanita tidak akan suka matematika, atau mereka akan buruk dalam melakukan fraksi. Jangan biarkan setiap stereotip tradisional ini membatasi putri Anda. Biarkan ia terlibat dalam banyak kegiatan, bahkan jika kegiatan itu secara umum bukanlah kegiatan untuk anak perempuan. Jika ia ingin terlibat dalam olahraga, biarkan ia melakukannya. Jika ia berpikir ingin terlibat dalam sebuah karier yang secara umum bukan untuk wanita, dukunglah putri Anda. Jangan biarkan stereotip tradisional membatasi putri Anda, jadi jangan biarkan stereotip ini menyusup ke dalam keluarga Anda dengan cara apapun.

Membesarkan anak perempuan tidak selalu mudah. Akan banyak saat-saat penuh tantangan, sebagaimana membesarkan anak laki-laki juga penuh dengan tantangan. Sadari bahwa putri Anda adalah seorang pribadi dan besarkanlah dirinya dengan cara itu. Tanamkan tips pengasuhan ini dalam pikiran Anda dan pastikan Anda sedang membesarkan anak perempuan yang kuat, sehat, dan anggun yang memiliki masa depan cerah di hadapannya.

Sumber : more4kids.info
Halaman :
1

Ikuti Kami