Teror Kembali Ancam Sejumlah Gereja Di Bandung

Internasional / 18 January 2011

Kalangan Sendiri

Teror Kembali Ancam Sejumlah Gereja Di Bandung

daniel.tanamal Official Writer
3292

Wacana dan perjuangan toleransi kebersamaan umat beragama ditahun yang baru ini nampaknya kembali harus menjadi prioritas utama pemerintah dan kerja keras masyarakat usai teror kembali mengancam beberapa rumah ibadah di Indonesia.

Teror kali ini, mungkin yang pertama ditahun ini terjadi di sejumlah gereja di Bandung, Minggu pagi (16/1). Teror tersebut diduga dilakukan oleh sekelompok orang tak dikenal yang mengancam akan menyerang tempat-tempat peribadatan tersebut. Kontan saja hal ini membuat beberapa jemaat di kota tersebut diselimuti suasana mencekam.

Salah satu sumber adalah Anggota Majelis Gereja Jemaat gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Bethania Bandung, Jawadi Hutapea yang mengatakan, ancaman penyerangan beredar melalui pesan singkat sejak Sabtu (15/1). Menurutnya Gereja yang kemungkinan akan diserang tak hanya HKBP, tetapi ada juga gereja-gereja lainnya, seperti GKII.

Seperti dilansir Radio KBR 68H, Jawadi memperkirakan, ancaman penyerangan ini terkait penolakan sekelompok orang terhadap ibadah Jemaat HKBP di Rancaekek, Bandung, beberapa waktu lalu. "Ada sms yang dari pihak luar yang mungkin prihatin dengan keadaan kita, memberi tahu. Isi smsmnya itu bahwa tanggal 16 hari ini sekelompok massa akan turun lagi untuk mengambil peralatan gereja untuk disita," terangnya.

Pesan singkat yang beredar di telepon selular para jemaat gereja itu memang tidak menyertakan identitas kelompok tertentu, tetapi atas ancaman ini, sejumlah jemaat gereja HKBP Bethania membatalkan melakukan ibadah di gereja mereka dan dialihkan ke kantor HKBP Bandung di Rancaekek, Bandung dengan alasan keamanan.

Gereja lainnya yang mendapat ancaman masih berkordinasi untuk menentukan langkah selanjutnya dan melaporkan ancaman itu ke pihak kepolisian. Kita tetap percaya bahwa didalam penyertaan Tuhan, sepanjang tahun lalu 2010 pun kita masih tetap bisa beribadah dan bersekutu dengan aman. Langkah tepat pemerintah tetap kita dukung dan doakan agar toleransi itu erat terjaga dan setiap masalah terselesaikan.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami