Mau Tahu Adat Pernikahan Teraneh di Dunia?

Nasional / 17 January 2011

Kalangan Sendiri

Mau Tahu Adat Pernikahan Teraneh di Dunia?

Lois Official Writer
6263

Pernikahan merupakan sebuah momen yang indah dalam setiap kehidupan kita, yang menandai penyatuan dua insan. Kali ini ada beberapa tradisi pernikahan yang dianggap paling aneh di dunia dan bahkan ada yang tidak sesuai dengan firman Tuhan. Berikut kelima di antaranya yaitu :

Menculik pengantin wanita di Roma

Pengantin pria di sana diharuskan ‘menculik’ pengantin wanitanya. Budaya ini kental pada kehidupan kaum gipsi Romawi. Bila seorang pria berhasil menculik seorang gadis dan menyembunyikannya selama dua sampai tiga hari, ia akan resmi menjadi istri dari pria tersebut

Menikahi hewan di India

India memang tidak asing dengan berbagai cerita takhayul, termasuk dalam pernikahan. Suku Santhal di sana percaya jika seorang bayi perempuan tumbuh gigi di bagian atas gusi lebih dulu, maka itu pertanda dia akan dimakan harimau dalam waktu dekat. Untuk mengatasi hal itu, dia harus menikah dengan seekor anjing untuk menghapus pengaruh buruk tersebut. Hal inilah yang dialami oleh Karnamoni Handsa. Pernikahannya dihadiri oleh 100 tamu dan dibuat meriah. Setelah upacara pernikahan ‘mengusir setan’ selesai si gadis dapat menikah dengan pemuda manusia.

‘Menghitamkan’ pengantin wanita di Skotlandia

Saat pernikahan, pasangan pengantin di Skotlandia memakan isi perut domba dan pengantin prianya memakai pakaian sejenis rok, pakaian adat di sana. Pengantin pria, keluarga dan teman-teman kemudian akan menyiram pengantin wanita dengan telur mentah, air kotor, saus, dan susu basi. Kebiasaan ini merupakan ritual yang sangat tua yang dilakukan setelah ikrar pernikahan.

Pengantin wanita harus gemuk

Di Mauritania wanita cantik adalah wanita berukuran besar. Bila seorang wanita akan menikah, mereka akan ditempatkan pada sebuah kampung yang disebut ‘penampungan lemak’ untuk menghilangkan keriput dan lebih menarik. Ritual ‘Leblouh’ ini mewajibkan gadis yang akan menikah menyantap segala macam makanan agar gemuk dengan cepat. Menu makanan biasanya terdiri dari dua kilogram daging dan lima galon susu unta setiap hari. Jika mereka memuntahkannya, petugas pengawas akan menyiksa mereka.

Pengantin dilarang buang hajat

Tradisi ini berlaku di semanjung Kalimantan. Setelah ritual pernikahan yang membahagiakan, suku Tidung mewajibkan pasangan pengantin harus menunda membuang kotoran besar maupun kecil selama 72 jam atau sekitar 3 hari 3 malam. Jadi, pasangan pengantin akan dibatasi makan dan minum dan diawasi agar tidak ke toilet. Jika bisa bertahan, pasangan dianggap akan menjalani pernikahan yang bahagia, dianugerahi anak yang banyak dan sehat.

Apakah Anda mau menjalankan pernikahan-pernikahan seperti di atas? Di saat hari yang berbahagia, justru harus merasakan tidak boleh buang air besar maupun kecil, dilempari susu basi, dan lain sebagainya.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami