Rusia Buka Lagi Kesempatan Jalan-Jalan ke Luar Angkasa

Nasional / 15 January 2011

Kalangan Sendiri

Rusia Buka Lagi Kesempatan Jalan-Jalan ke Luar Angkasa

Lois Official Writer
2753

Rusia akan membuka lagi kesempatan wisata dengan pesawat Soyuz ke luar angkasa pada tahun 2013 setelah tidak membawa turis ke sana sejak 2009, demikian menurut perusahaan yang mengorganisir perjalanan itu. Mulai tahun 2013, tiga wisatawan luar angkasa per tahun akan dapat memesan kursi dalam penerbangan Soyuz ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS), jelas perusahaan yang bermarkas di Virgnia, Amerika Serikat, Space Adventures.

“Kami sangat senang untuk meneruskan wisata luar angkasa” kata pemimpin Energia, Vitaly Lopota. Saat ini Rusia merencanakan untuk menambah produksi kapsul Soyuz dari empat menjadi lima per tahun. Penambahan Soyuz itu akan meningkatkan jumlah penerbangan menjadi lima per tahun, kata perusahaan itu.

Wisatawan luar angkasa terakhir adalah warga Kanada yang bernama Guy Laliberte, miliarder pendiri Cirque du Soleil, yang kembali ke Bumi pada Oktober 2009 setelah penerbangan selama 11 hari. Wisatawan pertama bernama Denis Tito, yang telah melakukan perjalanan ke ISS pada tahun 2001. Semuanya, baru pernah ada tujuh wisatawan luar angkasa yang telah mengambil bagian dalam misi itu.

Saat ini, NASA merencanakan untuk mengirim ulang alik Endeavour ke luar angkasa untuk terakhir kalinya yang dijadwalkan terbang pada April tahun ini, setelah itu NASA akan mempensiunkan pesawat itu. Setelah itu, pesawat Soyuz Rusia ini akan menjadi satu-satunya cara untuk mencapai ISS.

Tentunya bila ingin menikmati perjalanan ini, harga yang harus dibayar sangat mahal. Laliberte sendiri tidak mengungkapkan ongkos tiketnya, tapi pendahulunya, pionir perangkat lunak Amerika, Charles Simonyi, telah membayar sebesar 35 juta dollar AS untuk melakukan perjalanan ini.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami