Polisi Dan Sebuah Kelompok Agama Bubarkan Forum Lintas Agama

Internasional / 13 January 2011

Kalangan Sendiri

Polisi Dan Sebuah Kelompok Agama Bubarkan Forum Lintas Agama

daniel.tanamal Official Writer
3187

Disaat para pemimpin besar agama di Indonesia sedang semangat meretas persatuan umat beragama di negara ini, muncul kembali ulah dan aksi dari sebuah kelompok agama yang memang sering melakukan aksi sepihak. Ironisnya aksi mereka juga diikuti oleh Polisi yang membubarkan sebuah forum lintas agama.

Forum itu sendiri adalah Pertemuan lintas agama (Focus Group Discussion) yang akan membahas kerukunan umat beragama dan jaminan kebebasan beragama Indonesia yang sedianya digelar di Hotel Inna Simpang Surabaya. Polisi yang membubarkan berpendapat bahwa dalam acara tersebut panitia tidak memiliki izin. Pembubaran dilakukan sebelum pertemuan dilakukan.

"Saya menyesalkan adanya pembubaran pertemuan ini," kata Ketua Forum Kerukunan Umat Beragam (FKUB) Surabaya Imam Ghazali Said seperti dirilis detiknews, Kamis (13/1/2011). Dirinya menjelaskan, sungguh tidak beralasan orang-orang yang mengaku sebagai kelompok yang mengatasnamakan agama membubarkan pertemuan yang justru membahas tentang perlindungan kaum minoritas atas tidak adanya jaminan keselamatan dari pemerintah.

Wakil Ketua Setara Institut atau yang menggelar acara ini Bonar Tigor Naipospos mengaku bahwa alasan polisi yang membubarkan acara ini sungguh tidak beralasan dan salah tempat. Menurutnya yang harus mendapatkan izin dari polisi yakni unjuk rasa, bukan sebuah pertemuan yang dilakukan di tempat tertutup dan justru membawa manfaat.


Belum diketahui secara pasti kelanjutan dari forum lintas agama yang dijadwalkan menghadirkan 15 orang yang diantaranya Depdagri, Kemenag, Kejaksaan, Komisi A DPRD Jatim, LBH Surabaya, Kontras dan Pusat Studi HAM Unair dan lain-lain.

 

Sumber : detik.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami