Al-Qaida Berikan

Internasional / 16 December 2010

Kalangan Sendiri

Al-Qaida Berikan "Kado Natal" Untuk Amerika dan Eropa Tahun Ini

daniel.tanamal Official Writer
3173

Pemboman yang gagal akhir pekan lalu di Stockholm Swedia diduga adalah rangkaian satu dari sekian rencana pemboman para teroris internasional. Menurut Pemerintah Irak, Al-Qaida sedang merencanakan serangan bunuh diri di Amerika Serikat dan Eropa pada musim Natal ini.

Laporan yang dirilis Associated Press itu diperoleh dari pengakuan para pemberontak yang ditangkap beberapa saat lalu. Para pemberontak tersebut mengatakan Irak telah memberitahu Interpol sejumlah dugaan tersebut, dan memberitahu pihak berwenang di Amerika dan negara-negara di Eropa tentang kemungkinan serangan tersebut. Baik Amerika Serikat  atau negara-negara di Eropa diduga menjadi target pengeboman.

Memang belum dinyatakan keabsahan pengakuan ini, namun para pejabat kontraterorisme Barat umumnya telah dalam status siaga penuh selama musim liburan, terutama karena serangan yang gagal tahun lalu oleh bomber yang mencoba meledakkan sebuah pesawat Detroit pada Hari Natal.

Menteri Dalam Negeri Irak, Jawad al-Bolani mengatakan beberapa gerilyawan mengaku menjadi bagian dari sel yang menerima perintah langsung dari kepemimpinan pusat al-Qaida. Dia mengatakan sedikitnya salah satu tersangka ditangkap adalah seorang pejuang asing dari Tunisia. "Beberapa anggota kelompok teroris ini memiliki hubungan langsung dengan para pemimpin utama organisasi al-Qaida," kata al-Bolani.

Pengakuan adalah hasil dari operasi baru-baru ini oleh pasukan keamanan Irak. Jaringan antara kepemimpinan pusat al-Qaida, yang diyakini bersembunyi di Pakistan, dan kelompok organisasi teror di Irak melemah dalam beberapa tahun terakhir. Namun, al-Bolani mengatakan, jika klaim itu benar, maka hal itu menunjukkan bahwa al-Qaida tetap hadir di Irak.

Sumber : Associated Press/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami