Jadilah Orangtua Dan Teman Bagi Anak Anda

Parenting / 10 December 2010

Kalangan Sendiri

Jadilah Orangtua Dan Teman Bagi Anak Anda

Lestari99 Official Writer
3815

Mengasuh anak bukanlah hal yang mudah, dan di saat yang sama mencoba menjadi teman bagi anak Anda bagaikan berjalan di atas tali. Namun, keduanya tidak harus berdiri sendiri. Sepanjang Anda menempatkan peran sebagai orangtua sebagai yang pertama, menjadi hal yang mungkin untuk menjadi teman bagi anak Anda. Sepanjang anak Anda mematuhi batasan-batasan yang Anda berikan kepada mereka, Anda dapat belajar untuk menjadi lebih dari sekedar orangtua bagi anak-anak Anda.

Langkah pertama untuk menjadi teman bagi anak Anda adalah dengan memahami apa arti dari ‘menjadi teman’. Ini adalah kunci awal untuk menjadi teman bagi anak Anda saat Anda mempertahankan status sebagai orangtua. Anda harus menetapkan batasan dan anak Anda perlu memahami hal itu sehingga hubungan Anda bersama dengan anak-anak Anda menjadi menyenangkan bagi kedua belah pihak. Anda sebagai orangtua juga perlu menghormati anak Anda dalam banyak cara.

Anak Anda sedang mencari nasehat dan bimbingan dari Anda dan suka atau tidak, Anda telah menjadi teladan mereka. Kunci untuk menjadi orangtua dan teman adalah untuk memahami TIDAK masalah untuk mengatakan tidak. Orangtua tidak perlu takut untuk berkata tidak kepada anak mereka. Sangatlah penting untuk mengetahui dimana batasan untuk menarik garis dan tahu saat untuk menjadi orangtua dengan tidak selalu menyenangkan mereka hanya karena Anda tidak ingin mereka kecewa atau marah kepada Anda.

Bagaimana Menjadi Teman Bagi Anak Anda

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk menjadi teman bagi anak Anda:

1. Langkah pertana adalah dengan menunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda bisa dijadikan teman, tapi orangtua tetaplah menjadi peranan utama bagi Anda. Saya melihat begitu banyak orangtua yang mencoba menjadi teman bagi anak mereka namun benar-benar kehilangan rasa akan kenyataan bahwa mereka adalah orangtua. Meskipun menjadi teman bagi anak Anda adalah hal yang indah, Anda harus mengingat bahwa mereka memiliki banyak teman di sekolah dan mereka membutuhkan Anda sebagai orangtua mereka. Menjadi orangtua tetap harus menjadi yang pertama baru menjadi seorang teman bagi anak Anda.

2. Saling menghormati harus dibangun dengan baik. Tetapkan aturan, dan aturan-aturan ini perlu menyertakan aturan sampai jam berapa mereka boleh bermain di luar rumah, mengetahui mereka pergi dan berkencan dengan siapa, kemana mereka akan pergi dan pesta apa yang akan mereka hadiri, dan hal-hal alami lainnya. Mereka tahu bahwa Anda adalah penyedia apa yang mereka butuhkan dan selalu melindungi mereka sehingga mereka harus menghormati hal itu.

3. Menjadi teman bagi anak Anda tidaklah semudah menjalankannya. Anda ingin menjadi teman mereka tanpa mereka perlu tahu bahwa Anda sedang mencobanya. Cobalah untuk tidak memanjakan mereka atau terlibat terlalu banyak dalam urusan mereka karena hal ini dapat membuat mereka menjauh dari Anda.

4. Tunjukkan cinta kepada anak Anda secara konstan tetapi tidak sampai memanjakan mereka. Cobalah tidak terlibat terlalu jauh ke dalam kehidupan pribadi mereka, teman-teman mereka, atau setiap tindakan yang mereka lakukan setiap hari. Melakukan hal ini akan menjadi langkah yang tepat untuk menjaga persahabatan dengan anak Anda.

Jika aturan dan batasan-batasan tidak ditetapkan, anak-anak dapat memiliki masa kanak-kanak yang menghasilkan bencana. Hal ini terlihat sangat jelas pada anak-anak yang orangtuanya lebih tertarik menjadi teman anak mereka daripada menjadi orangtua. Anak-anak memerlukan aturan, dan meskipun Anda adalah teman mereka namun mereka perlu memahami bahwa melanggar aturan akan membuat mereka menanggung konsekuensi karena pada akhirnya Anda tetaplah orangtua mereka.

Sumber : more4kids.info
Halaman :
1

Ikuti Kami