WikiLeaks Bongkar Habis Kesalehan Kerajaan Arab Saudi (2)

Internasional / 10 December 2010

WikiLeaks Bongkar Habis Kesalehan Kerajaan Arab Saudi (2)

daniel.tanamal Official Writer
7052

Sisi gelap kehidupan para anggota kerajaan telah menjalar berkembang dan berdenyut Arab Saudi. Banyak mata tertipu dan terbuai oleh kesucian negara gurun pasir ini. Bahkan pesta bawah tanah yang tiap malamnya dilakukan mendapat perlindungan khusus dan resmi dari pihak kerajaan.

Memang pesta semacam itu hanya tersedia di balik pintu tertutup dan untuk orang dengan golongan yang sangat kaya. Sedikitnya 10.000 pangeran di kerajaan itu. Beberapa diantaranya masih merupakan keturunan langsung Raja Abdul Aziz, sementara yang lain berasal dari keturunan keluarga yang tidak langsung.

Dalam kawat tersebut para diplomat yang hadir dalam pesta itu menceritakan, lebih dari 150 pria dan perempuan Saudi, sebagian besar berusia 20-an dan 30-an tahun, hadir dalam pesta tersebut. Perlindungan dari kerajaan ini tentu menghilangkan kecemasan akan adanya penyergapan polisi agama. pengunjung yang masuk dikontrol melalui daftar tamu yang ketat. "Adegannya mirip sebuah klub malam di manapun di luar kerajaan itu: banyak alkohol, pasangan muda yang menari-nari, seorang DJ di turntable dan semua orang berdandan."

Analogi sederhana yang mengatakan rakyat mencontoh gaya hidup pemimpinnya, terjadi di negara ini. Pesta  besar menjadi tren baru. Menurut seorang pemuda Saudi kepada para diplomat, hingga beberapa tahun lalu, katanya, masih dijumpai kegiatan "kencan" akhir pekan dalam kelompok-kelompok kecil yang bertemu di dalam rumah orang kaya. Bahkan beberapa rumah mewah di Jeddah memiliki basement bar, diskotik dan klub.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami