WikiLeaks Bongkar Habis Kesalehan Kerajaan Arab Saudi (1)

Internasional / 10 December 2010

WikiLeaks Bongkar Habis Kesalehan Kerajaan Arab Saudi (1)

daniel.tanamal Official Writer
5427

Dibalik sikap kesalehan formal kerajaan Arab Saudi yang mempunyai peraturan dan kewajiban ketat berlandaskan hukum Syariat dalam berperilaku, ternyata menyimpan banyak fakta yang bertentangan dan hingga saat ini tetap dipelihara.

WikiLeaks membocorkan data kawat diplomatik AS yang mengungkapkan sisi gelap kehidupan negara petro dollar itu. Narkoba, dunia seks dan rock n’ roll telah menjadi gaya hidup dominan  para pangeran. Sebuah pesta Halloween bawah tanah digelar tahun lalu oleh seorang anggota keluarga kerajaan dengan menabrak semua tabu di negara itu. Minuman keras dan para pelacur hadir dalam jumlah berlimpah dengan pengawalan ekstra ketat, demikian menurut bocoran itu.

Dilansir The Guardian, pesta tersebut digelar oleh seorang pangeran kaya dari keluarga besar Al-Thunayan. Para diplomat itu mengatakan identitasnya harus dirahasiakan. "Alkohol, meskipun sangat dilarang oleh hukum dan pabean Saudi, sangat berlimpah di bar pesta itu dengan koleksi yang lengkap. Bartender Filipina yang disewa menyajikan koktail sadiqi, sebuah minuman keras buatan lokal," kata kawat itu.

Bahkan untuk lebih menyemarakan pesta tersebut dihadirkan juga para gadis-gadis penghibur berikut dengan rak besar yang menampilkan ratusan jenis-jenis minuman keras terkenal. "Juga diketahui dari mulut ke mulut bahwa sejumlah tamu (pada pesta itu) pada kenyataan adalah 'gadis panggilan', sesuatu yang tidak biasa untuk pesta semacam itu.”

Kiriman informasi dari para diplomat AS itu, ditandatangani langsung oleh konsul AS di Jeddah, Martin Quinn, yang menambahkan, "Meski tidak menyaksikan langsung peristiwa tersebut, kokain dan hashishsh (ganja) digunakan secara umum dalam lingkungan sosial semacam itu," ungkapnya terkejut.

Ternyata gaya hidup menyimpang dari hukum Syariat ini bukan hanya dapat dinikmati oleh lingkar anggota kerajaan Arab Saudi saja, lebih dari itu gaya ini telah menjalar baru di tengah kota negara dengan 13 propinsi itu. ( Baca : WikiLeaks Bongkar Habis Kesalehan Kerajaan Arab Saudi (2) )

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami