Bangkai Kapal Titanic Akan Hancur Dimakan Bakteri Ini

Nasional / 8 December 2010

Kalangan Sendiri

Bangkai Kapal Titanic Akan Hancur Dimakan Bakteri Ini

Lois Official Writer
6214

Kapal RMS Titanic tenggelam pada tanggal 15 April 1912, kecelakaan kapal paling tenar sepanjang masa. Banyak kisah yang terus mempesona dan menginspirasi banyak orang yang terjadi di kapal yang sekarang terbaring di dasar Laut Atlantik, termasuk kisah Jack dan Rose yang tertuang dalam film ‘Titanic’.

Namun, keberadaan kapal ini terancam dengan adanya bakteri yang sekarang diberi nama Halomonas titanicae. Para peneliti di Dalhousie University, Halifax, Nova Scotia, Canada telah meneliti bakteri yang ternyata pemakan karat itu. Menggunakan teknologi DNA, ilmuwan Dahousie, Henrietta Mann dan Bhavleen Kaur serta peneliti dari Universitas Sevilla, Spanyol mengidentifikasi spesies bakteri baru ini mengumpulkan rusticles, semacam karat yang mirip stalaktit yang terdapat di bangkai Kapal Titanic.

Bangkai Titanic saat ini ditutupi rusticle yang dibentuk setidaknya oleh 27 bakteri, termasuk Halomonas titanicae. Rusticles memiliki pori-pori yang memungkinkan air melewatinya. Melalui proses yang agak rumit, kemudian hancur menjadi bubuk. “Ini adalah proses alam, daur ulang besi kembali ke alam.” kata Mann.

Sejak ditemukan pada tahun 1985, berada 3.8 kilometer di bawah permukaan laut di 530 kilometer tenggara Newfoundland, Canada, bangkai Titanic dengan cepat memburuk. Diperkirakan umur kapal Titanic hanya sekitar 15 sampai 20 tahun sebelum akhirnya habis dimakan bakteri. Meski nantinya gagal menyelamatkan Titanic, penemuan bakteri ini punya arti yang sangat penting. Salah satunya yaitu memakai bakteri ini untuk mempercepat pelapukan kapal tua dan rig minyak lawas.

Di sisi lain, penemuan bakteri ini juga akan membantu para ilmuwan mengembangkan cat atau lapisan pelindung untuk menjaga kapal dari bakteri pemakan karat itu. Temuan peneliti akan dipublikasikan hari ini dalam Internasional Journal of Systematic and Evolutionary Microbiology.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami