Hugo Chavez Kepada Rakyatnya : Rumahku Rumahmu Juga

Nasional / 3 December 2010

Kalangan Sendiri

Hugo Chavez Kepada Rakyatnya : Rumahku Rumahmu Juga

Lois Official Writer
3867

Presiden Venezuela, Hugo Chavez, biasanya membuka pintu gedung neoklasik untuk upacara penyambutan para pemimpin asing, termasuk Presiden Mahmoud Ahmadinejad dari Iran dan Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil. Namun, karena kepeduliannya yang tinggi, sejak hari Rabu lalu (1/12) Presiden Venezuela ini juga membuka pintu Miraflores Palace itu buat tamunya yang lain yaitu rakyatnya yang menjadi korban banjir.

Miraflores Palace adalah istana yang dibangun pada tahun 1880-an oleh seorang arsitek Italia untuk salah satu diktator Venezuela abad ke-19. Istana ini sudah dijadikan rumah buat para presiden Venezuela selama lebih dari satu abad.

“Saya punya proposal untuk Anda semua : tinggal di sini selama setahun,” kata presiden kepada para pengungsi yang akan menjadi ‘teman serumahnya’ mulai hari itu. Dia kemudian memimpin mereka untuk tur singkat di sayap istana diamna tempat tidur bayi telah dipasang di sebelah ruang cukur. “Ketika Anda tinggalkan tempat ini, maka saya pastikan Anda kembali ke apartemen Anda sendiri.” katanya dalam penampilan di televisi pemerintah di Miraflores. Curah hujan telah menyebabkan banjir dan tanah longsor yang telah menewaskan 25 orang dan memaksa lebih dari 30 ribu warga Venezuela mengungsi, kata pejabat pertahanan sipil.

Mungkin langkah ini yang dilakukan Chavez sebagai tindakan dari kritikan atas lambannya pencegahan dan penanganan terhadap hujan. Peristiwa hujan pada tahun 1999 yang menyebabkan tanah longsor dekat Caracas dan menewaskan ribuan orang itu, mungkin belum menjadi pelajaran bagi pemerintahan Venezuela untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang kembali.

Namun, meskipun kritikus Venezuela menyebut langkah Chavez dengan mengajak pengungsi ke istana sebagai sesuatu yang norak, tapi hal ini membuktikan bahwa itulah sikap seorang presiden yang mencerminkan kasih. Memberikan tumpangan kepada mereka yang membutuhkan.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami