3 Kunci Menciptakan Ikatan Keluarga Yang Kuat

Parenting / 1 December 2010

Kalangan Sendiri

3 Kunci Menciptakan Ikatan Keluarga Yang Kuat

Lestari99 Official Writer
3231

Relationship. Setiap kita dipengaruhi oleh hal ini, tapi pernahkah Anda berpikir bahwa sebagian besar kebahagiaan kita sebenarnya berasal dari hubungan yang sehat? MTV memikirkan hal ini dan melakukan sebuah penelitian besar untuk melihat apa yang membuat penonton mereka (usia 14-35 tahun) merasa sangat bahagia... dan jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda. Jawaban tertinggi adalah kaum muda mendambakan ikatan hubungan yang kuat dengan keluarga mereka.

Untuk merasa bahagia tidak terbatas pada kaum muda saja. USA Today melakukan survei pada audiens yang lebih tua dan menemukan pola yang sama. Mayoritas orang Amerika mendefinisikan kebahagiaan lebih sebagai hubungan yang sehat daripada menggambarkannya dengan penghasilan, rumah, mobil maupun gabungan dari keberhasilan gabungan akan apa yang mereka kerjakan!

Tuhan merancang kita untuk mengalami hubungan yang terikat dengan kuat dan itulah sebabnya kita akan merasa sangat diberkati untuk berada di dalam sebuah kehidupan yang luar biasa dengan orang-orang yang kita kasihi. Namun, ketika kita mengalami pergumulan dalam hubungan yang kita jalani, hal ini dapat menyedot sukacita dan energi dari hidup kita. Jika Anda memiliki waktu dalam hidup Anda bersama dengan keluarga Anda, bersukacitalah dan ciptakan kenangan indah bersama mereka! Dan jika Anda tidak bisa, berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menemukan cinta dan tawa kembali dalam hidup Anda.

Campuran Kepribadian Dapat Membawa Nilai Atau Konflik

Saya pernah melihat sebuah merchandise di meja yang bertuliskan, “Setiap orang di tempat ini membawa kebahagiaan – beberapa dengan pergi dari tempat ini beberapa dengan tinggal di sini – Anda memilih yang mana?”

Mengapa tampaknya begitu sulit untuk menemukan hubungan yang sehat? Sederhana saja, karena setiap orang berbeda, dan perbedaan itu menciptakan campuran indah dari kepribadian orang-orang yang berada di dalamnya atau justru menciptakan perang besar!

1. Mulailah Dengan Anda

Apakah Anda mengambil tanggung jawab untuk menangani isu-isu utama dalam hidup Anda? Misalnya saja jika Anda tahu Anda gampang marah, ambil alih kemarahan Anda sebelum Anda mulai mencari kelompok teman ataupun keluarga yang hanya akan memancing perilaku buruk Anda. Alkitab mengajarkan kita untuk ‘memperlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakuakn oleh orang lain’ dan ‘lambat untuk marah’. Jadi mulailah dengan melihat ke cermin jiwa Anda untuk melihat apa yang perlu Anda perhatikan. Sekali Anda dapat melihat kebutuhan itu, kerjakan hal itu. Jika Anda merasa mandek, carilah orang yang terlatih untuk membantu Anda bertumbuh dan bertanggung jawab.

2. Lakukan Evaluasi Hubungan

Setelah Anda mengambil langkah berani untuk menghadapi ketakutan dan keraguan, Anda harus benar-benar merenungkan hubungan yang Anda jalani saat ini. Secara rahasia buatlah daftar orang-orang kunci dalam hidup Anda dan tulislah nama mereka. Mulailah dengan yang terdekat, mungkin orangtua Anda, hubungan dengan anak atau anggota keluarga lain, pasangan kencan atau bahkan suami atau istri Anda maupun pegawai Anda, serta bagaimana hubungan rohani Anda dengan Tuhan.

Perhatikan kekuatan dari hubungan yang ada serta apa yang perlu diperbaiki. Ketika Anda memetakan hubungan ini, akan mudah bagi Anda untuk membuat rencana bagi tindakan tertentu. Setelah Anda memiliki rencana di tangan, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik bagaimana hubungan tersebut dapat berjalan dengan lebih baik, dan memenuhi kebutuhan dalam hidup Anda, serta hubungan mana yang mungkin dapat menjadi ‘jurang maut’ dari perilaku yang tidak bertanggung jawab dan tidak akan pernah bisa tumbuh dalam hubungan yang sehat. (Ada kalanya proses evaluasi ini akan mengungkapkan masalah-masalah besar yang memerlukan bantuan intensif dari konselor maupun pendeta untuk menangani dan membantu kehidupan Anda menjadi lebih baik).

3. Mengutamakan Hubungan Kunci

Setelah Anda memiliki daftar kunci dari hubungan, Anda bisa cepat-cepat melihat mana yang menciptakan sumber dukungan dan kekuatan emosional sehingga Anda secara teratur dapat membina mereka. Terlalu sering kita memberikan dan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjangkau orang lain. Lebih baik bagi kita untuk menghabiskan energi emosional kita agar tetap dekat dengan orang-orang yang telah Tuhan tempatkan di sekitar kita daripada meninggalkan orang lain dan mencoba untuk menjalani hidup sendiri.

Tidak mudah untuk melanjutkan hubungan dengan beberapa orang dalam hidup Anda, tapi dengan meluangkan waktu untuk membangun hubungan yang lebih kuat, Anda akan membangun kebahagian dan kepuasan hidup yang lebih besar. Sebuah hubungan dapat menambahkan nilai kepada Anda hari ini, dan selama beberapa dekade yang akan datang. Kedengarannya seperti pertukaran yang besar bagi kebahagiaan seumur hidup.

Sumber : Dwight Baik - cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami