Sukses Investasi Tanpa Uang

Investment / 29 November 2010

Kalangan Sendiri

Sukses Investasi Tanpa Uang

Puji Astuti Official Writer
5016

Bisakah melakukan investasi dan menjadi kaya tanpa uang? Jika saya jawab bisa, mungkin Anda berkata ini adalah bisnis menjual mimpi seperti yang marak ditawarkan akhir-akhir ini di dunia maya. Namun tunggu dulu, Anda jangan berburuk sangka dulu.

Jika Anda tidak punya uang sebagai modal investasi Anda, ada satu hal lagi yang pasti Anda miliki – dan semua orang miliki – yang dapat di investasikan, yaitu waktu Anda.

Setiap manusia dikaruniakan waktu 24 jam setiap harinya. Namun banyak orang lebih sering membelanjakan waktunya daripada menginvestasikannya.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk dalam menginvestasikan waktu Anda: menjalin jaringan atau pertemanan dan meningkatkan kemampuan diri. Jika Anda seorang karyawan, menyelesaikan pekerjaan bukanlah sebuah investasi, karena waktu yang Anda gunakan untuk bekerja di tukar dengan uang. Ataupun jika Anda memprospek seorang klien bagi perusahaan, Anda bukan sedang membangun network, karena klien Anda adalah network perusahaan Anda.

Untuk mudahnya, jika Anda membangun network dan kemampuan diri yang memiliki dampak jangka panjang dalam hidup Anda, maka Anda sedang melakukan investasi. Tapi jika tidak, maka Anda sedang mengkonsumsi waktu Anda.

Investasi dalam hubungan

Melakukan investasi dalam  jaringan atau hubungan bukan berarti Anda menghabiskan waktu Anda dengan siapapun yang bisa Anda temui. Sama seperti prinsip investasi, Anda harus melihat potensi dalam setiap hubungan Anda. Bukannya memilih-milih dengan siapa Anda berkawan, namun memang hal ini harus Anda pertimbangkan baik-baik.

Malcom Gladwell dalam bukunya The Tipping Point mengungkapkan tentang orang-orang yang disebut sebagai “Konektor atau Penghubung”. Orang jenis ini ahli dalam menjalin hubungan sosial, mereka mempunyai rasa ingin tahu, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi dan jaringan yang besar. Orang-orang jenis inilah yang patut Anda incar, sehingga bisa menjadi penghubung kepada banyak orang potensial lainnya.

Pengembangan diri

Hal kedua dimana Anda harus menginvestasikan waktu Anda adalah pengembangan diri. Anda bisa mulai dari mengenali bagian mana dari hidup Anda yang ingin Anda kembangkan. Mungkin itu bakat Anda, kepercayaan diri Anda, atau spiritualitas Anda. Anda bisa melakukannya dengan membaca buku, browsing internet tentang topic yang Anda kembangkan atau mendengarkan kaset motivasi atau sejenisnya.

Dengan dua hal diatas, maka Anda akan menemukan ladang berlian Anda dimana Anda akan menuai investasi Anda. Jadi jangan menyerah jika Anda belum memiliki uang untuk investasi, mulailah dari dua hal diatas. Salam sukses.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami