Korut Tabuh Genderang Perang, Korsel Diserang

Nasional / 23 November 2010

Kalangan Sendiri

Korut Tabuh Genderang Perang, Korsel Diserang

daniel.tanamal Official Writer
3138

Serangan 50 roket Korea Utara yang membombardir pulau di perairan barat perbatasan dengan Korsel menjadi awal dari konfrontasi baru dengan Korea Selatan. Serangan ini disebut – sebut akan memulai babak baru perang “saudara serumpun” ini.

Puluhan roket mendarat di Yeonpyeong, sebuah pulau wilayah Korea Selatan, yang berada di sisi barat perbatasan perairan negara satu induk tersebut. Selasa siang (23/11).Akibatnya, asap terlihat mengepul di berbagai tempat dan sedikitnya empat prajurit terluka. Pemerintah Korea Selatan menetapkan "status paling awas di luar masa perang."

Koresponden BBC di Korea Selatan mengatakan insiden ini merupakan yang terburuk sejak Perang Korea 1950-an. Kantor berita Reuters melaporkan pemimpin tertinggi Korea Selatan mengadakan pertemuan di sebuah bunker di ibu kota Seoul.

Insiden ini hanya berselang hari sejak Pyongyang terendus mengembangkan reaktor uranium modern, yang bisa dikembangkan jadi senjata nuklir. "Korea Utara melakukan provokasi dengan tembakan ilegal pukul 14.34 (sekitar pukul 12.34 WIB)," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Won Tae-jae. Mereka langsung mengerahkan pesawat jet ke pulau tersebut. 

Sejak berakhirnya Perang Korea pada 1953, dua negara tetangga ini kerap bentrok. Hingga kini, keduanya tidak pernah menandatangani pakta perdamaian pasca perang.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami