Hadir Anggota Baru di Lingkungan Galaksi Bimasakti

Nasional / 19 November 2010

Kalangan Sendiri

Hadir Anggota Baru di Lingkungan Galaksi Bimasakti

Lois Official Writer
2738

Berkat perbaikan dalam teknologi teleskop, para astronom telah menemukan bukti bahwa hampir 500 planet ekstrasurya dalam 15 tahun terakhir, hadir dalam lingkungan galaksi Bimasakti. Namun benda-benda langit dengan ukuran yang berbeda mengorbit itu dikonfirmasi oleh para ilmuwan berasal dari dalam Bimasakti sendiri.

Beberapa hari ini, galaksi Bimasakti ini yang juga dinamakan Milky Way, tempat bumi bermukim, kedatangan tamu. Bintang pendatang baru itu diduga datang dari galaksi yang sangat jauh yang tersedot oleh Bimasakti. Bernama HIP13044b, planet ini merupakan planet pertama yang dideteksi di Bimasakti yang lahir di luar galaksi kita. Planet ini memiliki massa minimal 1.25 kali dari Jupiter. Planet ini berasal dari 2.000 tahun cahaya dari bumi dan pertama kali terlihat di konstelasi Fornax selatan.

“Penemuan ini sangat menarik,” kata Rainer Klement dari Imax Planck Institute for Astronomy (MPIA) dan penulis naskah yang diterbitkan hari ini di Science Express. “Penemuan ini merupakan bagian dari studi dimana kita secara sistematis mencari eksoplanet yang mengorbit bintang yang mendekati akhir hidup mereka,” kata Johny Setiawan, yang juga ilmuwan dari MPIA dan rekan Klement yang menuliskan temuan ini.

Dia menambahkan bahwa ada pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana suatu planet dapat terbentuk meskipun orbit bintangnya mempunyai sedikit elemen kimia selain hidrogen dan helium.

Lagi-lagi, manusia menemukan betapa dashyatnya tangan Tuhan yang mengatur seluruh jagat raya ini dan bagaimana hebatnya kuasa Tuhan yang dapat membentuk semua ini. Terlebih lagi, sekalipun Dia pemilik semuanya, Dia masih peduli kepada kita dan ingin kita dekat dengan-Nya.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami