7 Cara Mudah Memasak Makanan Agar Lebih Sehat

Gizi & Nutrisi / 16 November 2010

Kalangan Sendiri

7 Cara Mudah Memasak Makanan Agar Lebih Sehat

Lestari99 Official Writer
4464

Tahukah Anda bahwa masakan rumah dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Ada banyak alasan untuk itu (bagi beberapa orang, porsi makan mereka menjadi lebih sedikit di rumah), tetapi Anda tidak hanya akan menurunkan berat badan melainkan menjadi lebih sehat jika memasak di rumah dengan cara yang benar. Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat memasak di rumah. Berikut adalah 7 cara mudah untuk memasak makanan yang lebih sehat.

1. Jangan Memasak Makanan Kaleng

Jika makanan sudah dalam bentuk kalengan atau kotak, maka kemungkinan yang ada adalah makanan tersebut sarat dengan natrium, bahan kimia aneh, dan yang paling penting adalah lemak. Beberapa makanan kaleng maupun kotak tidak selalu buruk, tapi pastikan agar Anda selalu memeriksa labelnya sebelum Anda membeli atau memasaknya.

2. Mudah Ditukar

Kadang-kadang memasak lebih sehat bisa menjadi sesederhana dengan menukar item saat Anda memasak dengan sesuatu yang baru. Sebagai contoh, daripada memasak nasi putih atau nasi beraroma lainnya, cobalah beras merah. Daripada roti putih yang diproses dari tepung, cobalah roti gandum yang lezat.

3. Warnai Piring Anda

Kebanyakan orang dewasa memerlukan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari, tapi banyak dari kita yang tidak makan sebanyak itu. Berikut tipsnya: semakin banyak warna dari makanan yang Anda masak, semakin banyak warna di piring Anda, dan semakin besar kemungkinan bahwa makanan tersebut sarat dengan buah-buahan dan sayuran yang Anda butuhkan.

4. Mengukur Porsi

Makan di luar dapat dengan mudah membelokkan persepsi Anda akan ukuran porsi yang sebenarnya. Namun Anda dapat menimbang dan mengukur makanan Anda saat Anda memasaknya sendiri atau dengan memikirkan beberapa tips dalam pikiran Anda – satu porsi ayam seukuran setumpuk kartu, dan satu porsi sayuran seukuran setelapak tangan Anda.

5. Menggunakan Susu

Meskipun kita memerlukan banyak kalsium dan vitamin D, kita dapat meminumnya tanpa kelebihan lemak dan kolesterol dari kebanyakan produk susu. Gunakan susu skim atau rendah lemak. Susu jenis ini termasuk susu, krim asam, keju dan mayonaise.

6. Buat Daftar Menu

Jika Anda ke dapur untuk menyiapkan makanan, dan Anda tidak dapat menemukan bahan yang Anda butuhkan, Anda mungkin akan tergoda untuk mencatat semua bahan yang terpikir oleh Anda dan membelinya. Ini merupakan ide yang baik, tapi pastikan Anda merencanakan menu secara garis besar dalam seminggu, dan membeli apa yang Anda butuhkan.

7. Panggang Atau Bakar, Jangan Digoreng

Yang satu ini mungkin tampak jelas, tetapi tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Membakar atau memanggang daging merupakan pilihan yang jauh lebih sehat daripada digoreng... kecuali Anda melumuri daging dengan mentega atau saus sebelum Anda membakar atau memanggangnya!

Memasak makanan sehat dan lezat di rumah tidaklah sulit! Terus ingat tips ini sebelum Anda pergi ke dapur, dan Anda akan membuat makanan yang luar biasa dan penuh gizi!

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami