Akan Segera Tercipta HP Pendeteksi Penyakit Kelamin

Entertainment / 11 November 2010

Kalangan Sendiri

Akan Segera Tercipta HP Pendeteksi Penyakit Kelamin

Lois Official Writer
3444

Seperti dikutip dari Guardian, para dokter dan pakar teknologi di Inggris tengah mengembangkan perangkat kecil semacam kit pemeriksa kehamilan, yang bisa dengan cepat dan akurat mengecek apakah seseorang telah mengidap penyakit-penyakit kelamin seperti herpes, Chlamydia, atau gonorrhoea (raja singa).

Sebentar lagi, aplikasi di layar ponsel ini akan membantu Anda mengecek kesehatan Anda dan tentu saja akan menjamin kerahasiaan pribadi Anda. “Kini ponsel Anda pun bisa menjadi mobile doctor,” kata Dr. Tariq Sadiq, dokter spesialis kesehatan seksual dan HIV dari Universitas of London Saint George, yang memimpin proyek ini. Nantinya ponsel tak cuma bisa menunjukkan penyakit infeksi kelamin yang diderita, namun juga bisa menyarankan kemana penderita bisa mendapatkan perawatan.

Cara kerjanya cukup sederhana. Tersangka pengidap penyakit seks menular mesti menempatkan urine atau saliva (air liur) pada sebuah chip komputer seukuran chip USB, yang dipasang di dalam ponsel atau komputer mereka. Lalu tunggu selama beberapa menit, maka hasil diagnosa pun akan tersedia lengkap dengan nama penyakit seks menular yang diidap.

Alat ini merupakan salah satu upaya para pakar kesehatan Inggris untuk memperkecil penularan penyakit infeksi kelamin di negara itu. Inggris memang merupakan salah satu negara yang memiliki angka kehamilan di luar nikah dan infeksi penyakit kelamin tertinggi di kalangan remaja. Dua pertiga perempuan yang tertular penyakit kelamin, berusia di bawah usia 25 tahun, lebih dari setengah prianya juga ikut tertular.

“Kami perlu mencegah meningkatnya epidemic ini, yang kian hari terus bertambah parah,” kata Sadiq. Untuk menyokong proyek ini, beberapa lembaga pendanaan menginvestasikan uang sebesar 4 juta poundsterling atau Rp 56.6 miliar melalui sebuah forum bernama UK Clinical Research Collaboration. Rencananya, alat ini akan dijual antara 50 penny (sekitar Rp 7 ribu) hingga 1 poundsterling (Rp 14 ribu) di berbagai klab malam, apotik, supermarket, seperti halnya kondom.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami