Banyak Anak Bermain Banjir Lahar Di Kali Code

Nasional / 9 November 2010

Kalangan Sendiri

Banyak Anak Bermain Banjir Lahar Di Kali Code

Puji Astuti Official Writer
3119

Berbahaya memang, namun inilah yang terlihat, anak-anak yang tinggal di bantaran sungai Kali Code Kampung Jogoyudan, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta, memanfaatkan pendangkalan banjir lahar dingin ini untuk bermain.

Pendangkalan Kali Code di bawah Jembatan Gondolayu menyisakan kedalaman sungai hanya sejengkal dari talud, sedangkan pendangkalan di bawah Jembatan Kewek menyisakan kedalaman sungai 1 meter. Padahal, sungai itu memiliki kedalaman hingga 3 meter. ”Kali ini biasanya dalem loh mas, tapi sekarang dangkal jadi ya bisa main disini,” ujar Bariono (12).

Endapan pasir di Kali Code di bawah Jembatan Gondolayu telah memenuhi hampir seluruh badan sungai. Sungai yang semula mencapai kedalaman 3 meter kemarin menjadi sangat dangkal. Menurut penduduk setempat kedalamannya hanya sejengkal tangan dewasa dari bibir talut.

Tak banyak yang dapat dilakukan warga sepanjang bantaran Kali Code untuk menghalau gelontoran banjir lahar dingin muntahan letusan Gunung Merapi. Mereka hanya dapat berjaga di sepanjang talud sungai, memastikan gelontoran banjir lahar dingin itu tak akan menghantam pemukiman.

Sejak Gunung Merapi meletus eksplosif Jumat lalu, hampir setiap hari Kali Code yang hulunya di Sungai Boyong itu memperoleh limpahan banjir lahar dingin. Material pasir yang dibawa banjir lahar memenuhi hampir seluruh badan sungai.

Pantauan Jawaban.com, orangtua di bantaran sungai itu membiarkan anak-anaknya bermain di tengah Kali Code karena mereka sibuk meninggikan talud dengan kantong-kantong pasir untuk membendung limpasan banjir yang berarus deras. Ada juga yang sibuk membuat talud melindungi saluran pembuangan dari endapan pasir. Mereka mengaku tidak khawatir lahar yang dingin itu membahayakan anak-anak.

“Mau gimana lagi ya, kita sibuk ninggiin talud biar banjir gak masuk rumah. Lahar itu sepertinya aman-aman aja buat anak-anak,” ujar Patmi seorang Ibu yang tengah membuat talud dan sesekali meneriaki anaknya yang bermain di Kali Code untuk tidak jauh-jauh dari pandangannya.

Sumber : Jawaban.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami