Obama Memulai Kunjungannya ke Asia, India Giliran Pertama

Nasional / 6 November 2010

Kalangan Sendiri

Obama Memulai Kunjungannya ke Asia, India Giliran Pertama

Lois Official Writer
2488

Barack Obama bertolak dari Gedung Putih, Jumat 5 November 2010 dan akan mengadakan tur kerja selama sepuluh hari ke empat negara Asia. Presiden Amerika Serikat itu akan mengunjungi India, Indonesia, Korea Selatan, dan Jepang. Menurut CNN, Obama diperkirakan tiba di India Sabtu pagi ini (6/11).

Di India, Obama akan melawat selama tiga hari. India dipandang sebagai kekuatan ekonomi terbesar ketiga di Asia, setelah China dan Jepang. Itulah sebabnya kunjungan Obama ke India menitikberatkan pada kerjasama ekonomi. India adalah pasar berkembang bagi ekspor Amerika. Nilai ekspor buatan Amerika ke India meningkat empat kali lipat menjadi US$ 17 miliar dan ekspor jasa meningkat tiga kali lipat dalam tujuh tahun terakhir. Obama dan istrinya Michelle akan bermalam di presidential suite di hotel Taj Mahal Palace. Di sekitar hotel ini telah dipasangi barikade polisi.

Agenda Obama di India antara lain adalah :

Pada hari pertama kunjungan, Obama akan dijadwalkan menghadiri suatu forum bisnis di Kota Mumbai. Dewan Bisnis India-Amerika, sponsor pertemuan bisnis yang dihadiri Obama ini, mengeluarkan laporan yang berjudul “Mitra Dalam Kesejahteraan” yang mengetengahkan peningkatan kerjasama ekonomi dan strategis kedua negara dalam bidang pertahanan, pertanian, pendidikan, pengembangan infrastruktur dan memajukan rencana perjanjian perdaganan bebas kedua negara.

Selain itu, Obama akan berpidato di hadapan para pelaku bisnis India. Dia juga dijadwalkan mengunjungi Universitas St. Xaiver’s, rumah Mahatma Gandhi, Mani Bhavan dan mengunjungi sebuah sekolah suci di Colaba untuk memperingati Diwali, festival cahaya yang diperingati oleh umat Hindu India selama lima hari.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami