DPR Ingin Lihat Tari Perut? Ada di Sini, Nih!

Nasional / 4 November 2010

Kalangan Sendiri

DPR Ingin Lihat Tari Perut? Ada di Sini, Nih!

Lois Official Writer
3286

Aksi tari perut yang berlangsung dengan meriah ini, bukan dilakukan di dalam gedung-gedung ataupun di tempat pertunjukan, tapi di depan pintu gerbang Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan hari ini, Kamis (4/11). Dengan kostum rok mini yang terbuat dari untaian tali plastik dan penutup bagian dada setengah dari potongan plastik kresek hitam, mereka melenggak lenggok bak penari perut dengan iringan musik.

“Kami melakukan aksi tari perut untuk mengungkapkan bahwa Indonesia sedang berduka, tapi anggota Dewan yang sudah kami pilih dan seharusnya menyuarakan aspirasi kami, ternyata asyik ke luar negeri untuk studi banding dan melihat tari perut,” begitu menurut orator aksi tari perut tersebut. Sebanyak empat orang laki-laki peserta aksi dari Lingkar Studi Aksi untuk Demokrasi Indonesia dan Lingkar Madani untuk Indonesia, setengah bertelanjang dada dan menarikan berbagai tarian, melakukan aksi demo tari perut karena mereka merujuk pada beredarnya informasi bahwa dalam kunjungan kerja studi etika Badan Kehormatan DPR ke Yunani beberapa waktu lalu, para anggota Dewan mampir ke Turki.

“Informasinya di sana mereka meminta disuguhkan pertunjukan tari perut. Terlepas benar atau tidak, ini adalah bentuk kekecewaan masyarakat karena segala kritik kami atas studi banding ke luar negeri tidak diperhatikan anggota DPR,” kata Koordinator Lingkar Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti.
Tentu saja aksi demo tari perut ini mengundang perhatian para pengguna jalan yang lewat dan memperlambat laju kendaraannya untuk kemudian sedikit melongok dan senyum pun keluar dari bibir mereka.

Memang sungguh ironis, ketika bencana yang terjadi di Indonesia yang menyebabkan ratusan orang meninggal, ribuan orang terluka baik fisik maupun jiwanya, ketika ada perut-perut yang kelaparan menantikan uluran tangan, justru wakil rakyat seperti tidak peduli dan ‘bertandang’ ke negara lain bahkan mungkin menikmati tarian perut.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami