PepeNero, Resto Italia dengan Rasa Italia Sesungguhnya

Entertainment / 3 November 2010

Kalangan Sendiri

PepeNero, Resto Italia dengan Rasa Italia Sesungguhnya

Lois Official Writer
5687

Penamaan makanan khas daerah di Italia mempunyai kemiripan dengan penamaan makanan khas di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kita mengenal makanan seperti Sate Ponorogo, Soto Kudus, Rendang Padang, Bubur Manado, Coto Makasar, Nasi Kuning Banjarmasin, Gudeg Yogya, Pecel Madiun, Pempek Palembang, dan lain-lain. Setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas yang menggambarkan keberagaman makanan sekaligus kebanggaan di Indonesia.

Begitu pula di Italia. Ada beberapa makanan yang sering kita dengar seperti Spaghetti Bolognese dari Bologna, Bistecca Fiorentina dan Trippa Fiorentina yang berasal dari Florence, Lasagna Calabrese dari Calabria dan Ossobuco Milanese dari Milan. Mungkin Anda belum mengenal semua makanan itu, tapi kali ini kita akan membahas soal Ossobuco. Apakah Ossobuco itu?

Ossobuco adalah makanan khas Milan yang terdiri dari daging sapi. Ossobuco mudah disukai oleh orang Indonesia karena daging sapi dan cara pengolahannya mirip dengan pengolahan makanan masyarakat Indonesia sehari-hari. Dagingnya dipotong melintang dari paha sapi setebal kurang lebih dua sentimeter. Potongannya berbentuk bulat dengan tulang berisi sumsum tepat di tengahnya. Daging ini dimasak lama dengan api kecil dalam saus tomat gurih.

Tentu saja, saus tomat gurih ini sudah ditambahkan bumbu-bumbu lainnya sehingga ketika daging ini sudah matang, maka Anda dapat menikmati masakan daging sapi yang sangat empuk dengan kegurihan bumbu yang merasuk hingga ke tekstur daging yang paling dalam dan lidah Anda ‘bergoyang senang’.

Memang masakan ini mengandung kolesterol tinggi, jadi jika Anda bermasalah dengan kolesterol, jangan coba-coba mengkonsumsi sumsum di dalam tulangnya. Tapi jika tidak, Anda akan mendapatkan bonus luar biasa nikmat dengan kenikmatan yang didapat dari sumsum tulang sapi ini. Hmmmm, nyam nyam nyam!!!

Ossobuco dapat disajikan dengan berbagai cara. Biasanya ossobuco ini disajikan dengan polenta yaitu bubur jagung atau semolina, dapat juga disajikan dengan risotto (sejenis nasi liwet dari beras Arborio). Selain itu, dapat juga disajikan dengan roti, apalagi roti ini dapat dipakai untuk melakukan scarpetta, yaitu membersihkan saus tomat di piring sampai titik penghabisan.

Ossobuco banyak dijumpai di Indonesia, khususnya di rumah makan Italia. Salah satu restoran yang menyajikan ossobuco adalah PepeNero. Rasa ossobuconya sangat Italia. Ossobuco yang dijual seharga Rp 89 ribu ini, porsinya besar sekali sehingga pasti Anda puas sekali memakannya.

Pertama kali ketika Anda masuk ke restoran Italia, Anda perlu memesan makanan pembuka yang bernama antipasti dengan harga Rp 42-57 ribu. Antipasti ini terdiri dari carpaccio di tonno/salmone/filletto (irisan tipis daging tuna/salmon/daging sapi mentah yang diperciki minyak zaitun dan bumbu-bumbu Italia, tiepida di polpo e patate con rucola dan juga antipasto della casa (campur-campur). Sup maupun saladnya tak boleh dilewatkan.

Setelah itu, pesanlah untuk piring kedua. Selain Ossobuco, ada juga pilihan lain yang harganya berkisar antara Rp 73-95 ribu seperti fritto misto di mare (gorengan seafood campur, favorit orang Indonesia), salmon panggang garing dengan saus basil, dan lamb chop yang direndam dengan anggur merah. Yang terakhir tentu saja Anda dapat memilih makanan penutup kesukaan Anda.

Beginilah menu lengkap untuk mencoba masakan Italia. Jika Anda bukanlah orang yang makan dalam porsi yang banyak, disarankan Anda dapat mengajak orang lain untuk menikmati rasa Italia sesungguhnya. Anda dapat mengunjungi PepeNero di Jimbaran, Bali; Carrefour Bali; dan Plaza Niaga 2 Jl. Metro Pondok Indah 2 Blok BA 25-26, Jakarta Selatan.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami