Polisi Inggris Latih Melacak Internet, Bisa Tangkap Penjahat

Nasional / 31 October 2010

Kalangan Sendiri

Polisi Inggris Latih Melacak Internet, Bisa Tangkap Penjahat

Lois Official Writer
3761

Para detektif di Inggris akan segera diajarkan cara melacak pembunuh dan pelaku kriminal lainnya melalui situs jejaring sosial. Ribuan penyelidik akan mengikuti kursus cara melacak penjahat para situs web seperti Facebook dan Twitter. Sekitar 3.500 detektif mengambil program The Initial Crime Investigator’s Development setiap tahun. Revisi pelatihan itu juga menyertakan panduan baru bagi penyelidikan kasus kekerasan untuk mempertaruhkan nama baik, pelatihan bagi pelaporan kekerasan rumah tangga, dan mengatasi pemerkosaan.

Di London, para detektif memeriksa postingan di Facebook dan Twitter yang berhubungan dengan si tersangka. Kepala deputi polisi Nick Cargan, yang mengepalai National Policing Improvement Agency (NPIA), mengatakan bahwa materi baru dalam pelatihan tersebut adalah penting.

Para petinggi di kepolisian Inggris selama ini sudah diharuskan tidak ketinggalan ‘melek’ dunia online demi mengumpulkan data intelejen atas para anggota geng jalanan maupun penipu. Selain itu, latihan lain yang ditambahkan adalah cara mengumpulkan informasi berharga dari komputer, telepon genggam, dan perangkat elektronik lainnya.

Awal tahun ini Craig Lynch, napi yang kabur dari penjara, meledek polisi dengan petunjuk mengenai keberadaannya di Facebook selama empat bulan pelarian. Bila di dunia maya buronan dapat hilang tanpa jejak, kadang mereka meninggalkan petunjuk berharga di internet.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami