UU Anti-Merokok Paling Keras Di Eropa Akan Berlaku

Nasional / 24 October 2010

Kalangan Sendiri

UU Anti-Merokok Paling Keras Di Eropa Akan Berlaku

daniel.tanamal Official Writer
2521

Spanyol melangkah semakin dekat ke penerapan undang-undang anti merokok yang paling keras di Uni Eropa. Sebuah komisi parlemen hari Rabu menyetujui sebuah langkah yang akan melarang merokok di tempat-tempat umum, termasuk bar dan restoran.

Merokok juga akan dilarang di sekolah, rumah sakit, arena bermain dan taman, di mana anak-anak biasa berkumpul.

Rancangan undang-undang itu mendapat dukungan PM Jose Luis Rodriguez Zapatero. RUU itu diperkirakan akan disetujui Senat dan menjadi undang-undang tanggal 2 Januari.

Undang-undang yang berlaku sekarang di Spanyol masih membebaskan para pemilik bar atau restoran untuk memutuskan sendiri apakah mengizinkan tamu merokok di tempat mereka. Namun, jika UU baru disetujui para pemilik bar dan restoran tidak bisa lagi mengizinkan para tamunya merokok.

Sejumlah pemilik bar dan restoran telah menyuarakan keberatan mereka dan mengatakan bahwa undang-undang baru itu akan merugikan bisnis mereka. Ini karena Spanyol memiliki tradisi “tapas”, yang artinya rokok, bir dan makanan kecil disajikan secara bersamaan.

Namun, para pendukung larangan merokok itu mengatakan, undang-undang baru itu akan menyelamatkan nyawa karena mengurangi jumlah kematian akibat merokok.

Indonesia. negara terbesar untuk lingkup Asia Tenggara kenapa tidak berusaha merumuskan Undang-Undang Anti-Rokok terbesar Se Asia Tenggara?

Sumber : Voanews.com/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami