SBY : Saya Minta Pers Dukung Pemerintah Hadapi Terorisme

Nasional / 22 October 2010

Kalangan Sendiri

SBY : Saya Minta Pers Dukung Pemerintah Hadapi Terorisme

Lois Official Writer
2175

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pers bisa berpartisipasi dalam upaya pemerintah dalam menghadapi terorisme. Presiden meminta pers untuk memberi perhatian terhadap isu terorisme itu. Hal itu disampaikan Presiden ketika menerima anggota Dewan Pers di Kantor Presiden, Jumat (22/10).

Terkait dengan ajakan Presiden itu, Ketua Dewan Pers Prof. Bagir Manan mengatakan, Dewan Pers telah berpartisipasi aktif dalam seminar internasional antiterorisme di Bali yang digagas oleh Desk Antiterorisme Kementerian Polhukam baru-baru ini. Bagir juga mengatakan, “Beliau (Presiden SBY, red) meminta perhatian mengenai soal terorisme, agar pers dapat berpartisipasi dengan baik dalam upaya kita menghadapi terorisme itu.”

Bagir juga mengatakan bahwa Presiden juga memberi perhatian kepada aktivitas pers asing di Indonesia. “Beliau membicarakan juga peranan pers asing di negeri kita. Bagaimana caranya pers asing tidak menimbulkan kesan kurang baik di kehidupan kita,” kata Bagir menegaskan.

Presiden, dalam kesempatan itu, meminta jajarannya khususnya menteri agar memberi informasi kepada pers. “Yang terakhir, yang ditujukan kepada menteri, agar menteri jangan pelit kepada pers dan agar terbuka menyampaikan sesuatu yang perlu diketahui publik,” katanya. Menteri perlu melakukan hal itu dalam rangka mengimbangi berita, demikian menurut presiden.

“Di dewan pers kita memberikan ruang agar menteri bisa menjelaskan pekerjaan apa yang sudah dikerjakan, prestasi apa yang sudah diraih, dan agar terjadi dialog,” demikian kata Bagir. Menurut presiden, menteri perlu melakukan hal itu dalam rangka mengimbangi berita.

Dan Presiden menegaskan kembali dukungannya atas kemerdekaan pers. Presiden meyakinkan bahwa tidak akan ada langkah munduh terkait kebebasan per situ. “Jangan sampai kemerdekaan pers tidak memberikan manfaat yang baik untuk kita. Itu yang disampaikan presiden,” katanya.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami