Tips Membuat Film Keren Dengan Buget Kecil

Investment / 22 October 2010

Kalangan Sendiri

Tips Membuat Film Keren Dengan Buget Kecil

Puji Astuti Official Writer
2770

Film garapan Gareth Edwards yang terbaru membuat dunia kagum, karena film ini memukau sekalipun berbuget rendah. Film yang berjudul “Monsters” ini akan dirilis pada 29 Oktober 2010 nanti. Sekalipun modalnya kecil (kabarnya hanya sekitar $ 15.000), film ini diakui memiliki standar Hollywood – yang seringkali menghabiskan jutaan dolar. Dalam wawancara dengan AskMen di Toronto International Film Festival, Gareth Edward membeberkan rahasia dapurnya sebagai berikut:

1. Jangan habiskan uang untuk pemanis.

Langkah pertama menjaga anggaran produksi film menurut Gareth adalah memilih kamera yang tepat. Sutradara biasanya memilih kamera mahal yang menggunakan film 35mm untuk menghasilkan gambar yang indah, namun Gareth memilih yang penting bekerja dengan baik dan bisa dipakai untuk kerja ekstra.

Percaya atau tidak, Gareth memilih Sony EX3, sebuah kamera kelas menengah diantara komersil dan professional.

Nasihat Gareth : belilah yang terjangkau namun dapat berfungsi dengan baik.

2. Hindari menyewa

Ketika Edward hendak membeli peralatan untuk filmnya, ada pilihan untuk menyewa. Namun sang sutradara menyadari bahwa harga menyewa dan membeli kamera tidak jauh berbeda. Maka ia putuskan untuk membelinya, dan sebagai bonus bagian keuangan mendapatkan kamera yang dapat mereka simpan. Hal ini sama untuk beberapa produk lainnya.

3. Mencari lokasi yang terjangkau kantong.

Gareth memilih lokasi seperti Guatemala, Costa Rica dan Mexico, dimana tidak membutuhkan biaya yang mahal. Ketiga tempat ini selain menyajikan pemandangan yang indah, juga memberikan visualisasi yang tepat bagi film yang digarapnya. Selain itu, Gareth pun berani berimprovisasi ketika berada di lokasi. “Anda tidak perlu membentuknya, sesuatu muncul begitu saja. Ini seperti pikiran yang tiba-tiba dibukakan,” ungkap Gareth.

4. Jangan mau ditipu sales.

Dia menyarankan jangan membeli sesuatu hanya karena hal itu dijual. Jika hal itu tidak pernah masuk dalam rencana Anda, jangan membelinya. Pastikan Anda ketat dengan anggaran Anda. Hal ini mungkin mudah bagi para pria, namun yang sulit untuk melakukan ini adalah para wanita. Anda harus bisa menawar harga seperti biaya aktor, sewa tempat dan banyak hal lainnya.

Konsep yang jelas, perencanaan yang matang, kerja tim yang kuat dan eksekusi yang baik akan menghasilkan sebuah film yang hebat. Kadang semua itu tidak membutuhkan uang yang banyak, tapi kerja keras dan kreativitas.

Sumber : Ask Men
Halaman :
1

Ikuti Kami