Paus Larang Ibu Negara Perancis ke Vatikan

Internasional / 17 October 2010

Kalangan Sendiri

Paus Larang Ibu Negara Perancis ke Vatikan

Lois Official Writer
3346

Paus Benediktus XVI ternyata pernah menolak kehadiran Carla Bruni, istri Presiden Perancis Nicolas Sarkozy di Vatikan. Le Canard Enchaine, sebuah mingguan Perancis, seperti yang dikutip dari Telegraph, mengatakan bahwa penolakan itu karena cemas media-media Italia akan menyiarkan foto-foto ‘menantang’ dari Ibu Negara Perancis yang merupakan eks foto model dan penyanyi tersebut.

Para pejabat Vatikan konon telah mengirim sebuah pesan kepada Kedutaan Besar Perancis terkait kehadiran bruni yang menemani suaminya dalam audiensi selama 30 menit dengan Paus, awal bulan ini. Pesan itu berjudul, ‘Carla Sarkozy tidak diterima di Vatikan’.

“Tahta Suci mau menghindari penampilan foto bersamaa Paus dan Carla yang disandingkan dengan foto-foto lama Carla yang lebih menggoda,” tulis mingguan itu. Alhasil, Carla Bruni yang berusia 43 tahun itu tetap tinggal di Paris ketika Sarkozy berkunjung ke Vatikan.

Sebelum dia menikah dengan Sarkozy pada 2008, dalam sebuah majalah mingguan Spanyol, Carla pernah tampil dengan hanya mengenakan sepatu boot di atas sebuah sofa kulit berwarna hitam.

Sarkozy meminta audiensi pribadi dengan Paus untuk menarik kembali dukungan dari pemilih mayoritas Katholik konservatif di Perancis yang terkejut dengan keputusannya mengusir etnis Gipsi Roma dari negara itu. Tindakannya ini memang dikecam keras oleh Vatikan. Karena itu, tingkat popularitas presiden Perancis itu di mata para pemilih Katolik Perancis menurun dari 61 persen ke 47 persen tahun lalu.

Sarkozy sendiri dibesarkan dalam keluarga Katholik tetapi bukan penganut yang taat karena telah dua kali bercerai dan ia mempunyai anak di luar pernikahan dengan istri ketiganya. Dalam kunjungan pertama Sarkozy ke Vatikan pada Desember 2007, Carla Bruni juga tidak dibawa serta karena mereka belum menikah. Sementara itu pihak Istana Kepresidenan Perancis belum memberikan komentar mengapa Ibu Negara tidak ikut serta dalam kunjungan ke Vatikan itu.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami