Timur : Kami Kawal Umat Beragama Dalam Beribadah

Internasional / 15 October 2010

Kalangan Sendiri

Timur : Kami Kawal Umat Beragama Dalam Beribadah

Lois Official Writer
2747

Menjawab pertanyaan anggota DPR saat fit dan propert test tentang komitmen Kapolri terpilih untuk menjamin kebebasan beragama, calon Kapolri Komjen (Pol) Timur Pradopo menjamin akan mengawal kebebasan umat beragama dalam beribadah. Timur menegaskan, Polri tidak akan memberi ruang bagi perlakuan diskriminatif terhadap umat beragama.

“Kita jamin sesuai UUD 1945 tentang kemerdekaan menjalankan kebebasan beragama. Polisi tidak pernah melarang orang menjalankan kehidupan beragama,” kata Timur di ruang Komisi III DPR, Jakarta, Kamis (14/10). Dia menambahkan Polri berkewajiban menjaga keamanan masyarakat termasuk saat beribadah.

“Polisi mengamankan supaya tidak terjadi gangguan keamanan, membantu kegiatan keagamaan berjalan aman, baik tanpa ada diskriminasi,” sambungnya. Khusus untuk kasus penusukan jemaat HKBP yang dilatarbelakangi penolakan warga Ciketing, Bekasi atas rencana pendirian rumah ibadah, TImur menganggap hal itu bukanlah konflik antar umat beragama. “Kasus masih diproses, kita menunggu penyidik melimpahkan perkara ke penuntutan,” katanya.

Selain pertanyaan mengenai kebebasan dalam beragama, Timur juga ditanyai mengenai tindakan apa yang akan dia ambil terhadap berbagai kasus terkenal yang masih belum terselesaikan, seperti kasus Gayus Tambunan dan kasus Century.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami