Uang Menipis dan Hutang Menggunung? Ini Tips Mengatasinya

Spirituality / 15 October 2010

Kalangan Sendiri

Uang Menipis dan Hutang Menggunung? Ini Tips Mengatasinya

Puji Astuti Official Writer
7833

Siapa bilang Anda tidak bisa menghabiskan uang yang tidak Anda miliki? Bisa, namun Anda tidak bisa melakukannya selamanya. Anda tahu siapa yang belajar tentang kebenaran ini dengan cara yang sangat tidak menyenangkan? Eropa.

Eropa saat ini baru bangkit dari resesi ekonomi yang parah (Spanyol, Portugal, Yunani) dengan menerapkan langkah-langkah penghematan yang ketat. Penyebab mereka mengalami resesi adalah defisit keuangan yang sangat besar, bahkan Spanyol mengalami defisit hingga 48 %.

Hal ini juga dapat terjadi pada Anda, jika Anda sering menggunakan kredit keuangan. Langkah-langkah pemulihan juga melakukan hal yang sama, yaitu penghematan besar-besaran. Hal ini artinya mengubah gaya hidup Anda.

  • Kurangi kemewahan

Sama seperti pemerintah yang menghapus bonus natal, paskah dan liburan musim panas bagi pegawai negerinya, hal ini juga Anda bisa terapkan. Katakan pada diri Anda, tidak ada bonus, liburan dan kemewahan untuk akhir tahun ini hingga Anda bisa melunasi hutang Anda. Hematlah listrik, kurangi menonton tv, hemat biaya pulsa telephone genggam Anda dan kurangi makan di luar atau nonton bioskop. Hal ini memang menyakitkan, namun demi kebaikan Anda.

  • Mencari penghasilan tambahan

Dari pada hanya merenungi nasib, bangkitlah dan temukan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Gunakan waktu libur akhir pekan Anda untuk menghasilan uang. Carilah pekerjaan part-time dimana Anda bisa memaksimalkan waktu. Lelah? Memang, tapi itu harga yang harus dibayar.

  • Belajar berbagi

Bahkan pemerintah Eropa belajar untuk berbagi satu sama lain. Contohnya Perancis dan Inggris demi berhemat anggaran departemen pertahanan mereka berbagi penggunaan alat pertahanan mereka.

Berbagilah dengan orang lain, dari pada menyewa rumah atau kost, akan lebih baik jika Anda bisa menumpang di rumah orangtua atau keluarga Anda. Jika Anda masih harus mencicil mobil, mungkin lebih baik di jual dan Anda gunakan trasnportasi umum.

Ingatlah bahwa perubahan ini bukanlah untuk selamanya, ini hanya hingga kondisi keuangan Anda kembali stabil. Namun ini harus menjadi pelajaran yang Anda harus terus ingat, jika tidak Anda bisa jatuh kelubang yang sama.  

Sumber : Ask Men
Halaman :
1

Ikuti Kami