7 Hal Yang Harus Anda Ajarkan Kepada Anak Anda

Parenting / 13 October 2010

Kalangan Sendiri

7 Hal Yang Harus Anda Ajarkan Kepada Anak Anda

Lestari99 Official Writer
3232

Menjadi orangtua membuat saya harus belajar banyak hal baru, termasuk hal-hal sederhana yang perlu Anda ajarkan kepada anak-anak Anda sedini mungkin. Artikel ini sangat baik bagi orangtua baru, karena pengasuhan anak tidak memiliki buku panduan yang pasti. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ajarkan kepada anak-anak Anda.

1. Memiliki Respek

Di zaman seperti saat ini, orang harus mulai mengajarkan kepada anak-anak mereka mengenai pentingnya bersikap respek terhadap orang lain. Putri saya bersikap sangat hormat kepada orang lain dan membuatnya menjadi seorang anak yang manis. Seringkali ia pulang ke rumah dan bercerita kepada saya tentang anak-anak lain dan perkataan kotor yang mereka ucapkan serta betapa beraninya mereka bersikap terhadap guru mereka. Ajari anak Anda untuk memiliki sikap menghormati dan sopan santun.

2. Mengetahui Nomor Darurat

Merupakan sebuah ide yang baik untuk mengajarkan kepada anak-anak Anda bagaimana menekan nomor darurat dan kapan mereka harus melakukan hal itu. Saya telah membaca banyak kisah bagaimana anak-anak menyelamatkan nyawa orangtua mereka dengan menekan nomor darurat. Saya memiliki keyakinan yang sama bahwa putri kecil saya tahu persis apa yang harus dilakukannya ketika hal itu terjadi.

3. Mengetahui Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Seseorang Mencoba Membawa Mereka

Ajari anak Anda untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika ada seseorang yang mencoba untuk membawa mereka pergi. Ajari mereka untuk melakukan apapun yang mereka bisa, menendang, memukul, menggigit, apapun yang diperlukan. Selain itu mereka harus memiliki suara yang keras dan menjerit sekeras mungkin. Jangan pernah menyerah terhadap ajakan orang asing.

4. Menyikat Gigi

Anda tentu saja harus mengajarkan anak-anak Anda untuk menyikat gigi mereka. Lakukan hal ini sebagai kebiasaan yang rutin. Biarkan mereka menyikat gigi mereka tepat di samping Anda ketika Anda sedang menyikat gigi Anda sendiri. Lakukan kegiatan ini bersama-sama.

5. Mengenakan Pengaman Saat Berkendara

Tahukah Anda berapa banyak orang yang saya lihat membawa anak mereka di atas kendaraan tanpa pengaman? Mengendara sambil anak berdiri di atas maupun di dalam kendaraan? Wow... Di hari lain saya melihat seorang balita diletakkan di depan saat orangtuanya mengendarai motor tanpa pengaman, dan yang lebih buruk adalah mereka memotong jalan orang lain dan mengemudi secara ceroboh. Hal ini melanggar hukum, dan tidak hanya melanggar hukum tapi juga tidak aman. Ajari anak Anda untuk mengenakan pengaman dan tidak bergerak sampai tiba di tujuan!

6. Jangan Menyentuh Pajangan Di Pertokoan

Saya tahu mungkin hal ini sedikit aneh, tapi jika Anda tidak memberitahu anak-anak Anda yang masih kecil, maka mereka akan melakukannya. Anda harus mengajar anak-anak Anda untuk tidak menyentuh pajangan di toko. Jelaskan kepada mereka apa yang akan terjadi jika mereka melakukannya.

7. Mengenai Orang Asing

Menurut saya sangat baik untuk mengajarkan kepada anak-anak Anda agar tidak berbicara dengan orang asing. Karena anak akan mencontoh apa yang Anda lakukan, akan menjadi sebuah ide bagus jika Anda mempraktekkan metode ini kepada Anda sendiri ketika mereka ada di sekitar Anda. Jika mereka melihat Anda berbincang dengan orang asing, mereka pun akan melakukan hal yang sama. Jangan biarkan mereka berpikir bahwa seluruh dunia ini dipenuhi dengan karakter Disney.

Itulah 7 hal sederhana yang perlu Anda ajarkan kepada anak-anak Anda. Tentu saja Anda harus mengajarkan Injil kepada anak-anak Anda, namun jangan terlalu keras atau ketat kepada anak-anak Anda dalam hal agama karena hal itu justru akan membuat mereka menjauh. Bimbing anak-anak Anda untuk datang kepada Yesus dan pastikan mereka mengaku dengan mulut dan percaya di dalam hati bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat ketika mereka sudah dapat memahami hal itu.

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami