Wow, BPK Temukan Kasus Terindikasi Korupsi Rp 26T

Nasional / 13 October 2010

Kalangan Sendiri

Wow, BPK Temukan Kasus Terindikasi Korupsi Rp 26T

Lois Official Writer
2493

Tingkat perkiraan kasus korupsi di Indonesia masih begitu tinggi. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan ribuan kasus berindikasi korupsi senilai Rp 26,12 triliun. Temuan ini merupakan hasil pemeriksaan semester 1/2010 dari 528 objek pemeriksaan. “Dari 528 objek yang diperiksa, terdapat temuan sebanyak 10.113 kasus senilai Rp 26.12 triliun,” kata Ketua BPK Hadi Poernomo dalam laporannya pada rapat Paripurna DPR.

Di antara hasil pemeriksaan, terdapat ketidakpatuhan terhadap peraturan yang berindikasi kerugian, sebanyak 3.289 kasus dengan potensi kerugian negara senilai Rp 9.55 triliun.

Mengenai potensi kerugian negara tersebut, Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Ucok Sky Khadafi, menyatakan jumlah itu nantinya masih kecil dari kemungkinan penyimpangan yang sebenarnya.

“Logikanya, satu orang Gayus Tambunan saja bisa meraup ratusan miliar, lalu Bahasyim Assifie mengambil Rp 1 triliun lebih. Kalau ratusan objek seperti itu, jumlahnya bisa diperkirakan berapa ratus triliun,” katanya. “Jadi belum maksimal.” Untuk itu, BPK bisa lebih jeli lagi dalam investigasi dan audit terhadap keuangan negara.

Dengan terbongkarnya kasus-kasus korupsi di negeri Indonesia, mudah-mudahan kasus-kasus yang belum terbongkar dapat pula ditelusuri sehingga setiap oknum yang korupsi dijerat.

Sumber : poskota/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami