SBY Datang dan Selidiki Sebab Banjir Wasior

Nasional / 10 October 2010

Kalangan Sendiri

SBY Datang dan Selidiki Sebab Banjir Wasior

Lois Official Writer
2556

Ketua umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla, menyarankan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk datang ke Wasior. “Masak yang di Sinabung yang tidak ada korbannya datang, ini tidak,” ujar pria yang sering disapa JK tersebut di kantor Pengurus Pusat Muhamadiyah, Jumat (8/10).

Menurut mantan wapres ini, dalam kondisi bencana seperti ini, seharusnya kabupaten yang cepat beraksi. Lalu ikut membantu provinsinya. Karena di daerah sudah ada satkorlap. “Baru pusat turun tangan,” katanya. Saat ini, PMI sudah berada di lokasi kejadian.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa reaksi pemerintah dalam menanggulangi bencana sangat lambat. Menurut Mega, pemerintah harusnya aktif mensosialisasikn sistem tanggap darurat masyarakat. “Memang jangkauan wilayah kita sangat luas. Pemerintah harusnya lebih mengedepankan sosialisasi pada masyarakat akan kondisi lingkungan,” ungkapnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya memutuskan untuk mengunjungi lokasi bencana banjir bandang di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada hari ini (10/10). Hal itu disampaikan Presiden dalam konferensi pers yang diadakan di Kantor Presiden, Jumat (8/10).

“Minggu depan saya akan lihat langsung apa ada kaitannya dengan kerusakan lingkungan,” kata Presiden. Dalam kesempatan itu, Presiden didampingi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif yang baru saja tiba dari Wasior.

“Saya akan dibantu para pakar untuk menganalisis,” kata Presiden. Menurut Presiden, dalam kunjungan ke lokasi bencana juga akan ditinjau perawatan para pengungsi. Presiden akan mendengarkan langsung masukan dari Gubernur Papua Barat.

Sumber : republik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami