Jusuf Kalla: Perkembangan Agama di Indonesia Terbesar di Asia

Nasional / 8 October 2010

Kalangan Sendiri

Jusuf Kalla: Perkembangan Agama di Indonesia Terbesar di Asia

daniel.tanamal Official Writer
3570

Indonesia merupakan negara dengan perkembangan agama terbesar di kawasan Asia. Demikian diungkapkan mantan wakil presiden, Muhammad Jusuf Kalla, di Makassar, Minggu.

Dalam konteks agama Islam, ia mengatakan, berdasarkan hasil survei majalah Time, dari seluruh negara Islam terbesar, persentase pelaksanaan sholat lima waktu di Indonesia sangat tinggi dan mencapai 80 persen. "Berbeda dengan negara lain, seperti Mesir yang hanya mencapai 60 persen, dan Turki yang hanya mencapai 45 persen," terangnya.

Sedangkan dalam konteks agama Kristiani, perkembangan gereja di Indonesia juga merupakan yang terbesar di kawasan Asia, di mana persentasenya mencapai 50 persen. "Di Jakarta saja terdapat sekitar 200 gereja yang sudah dibangun, dan bahkan gereja terbesar di Asia terdapat di Kemayoran," ungkapnya. Perkembangan yang sama, katanya, juga terjadi pada beberapa agama lain di Indonesia, seperti Hindu, Budha dan Konghucu.

Ia mengatakan, fenomena tersebut merupakan kebanggaan tersendiri dari negara ini, berkaitan dengan toleransi umat beragama yang tidak tampak di negara-negara lain. "Ada beberapa negara yang tidak memperbolehkan pembangunan rumah ibadah salah satu agama," ujarnya.

Perkembangan agama yang sangat besar ini bisa menjadi potensi yang sangat luar biasa bagi negara, namun juga bisa menjadi malapetaka jika tidak diatur secara baik dan benar.

Dalam hal ini, pemerintah memiliki fungsi yang sangat sentral dalam menjaga lalu lintas keragaman beragama di Indonesia dan tidak boleh sampai mencederai salah satu agama.

"Kita sudah memiliki sejarah yang menunjukkan bahwa seluruh agama di Indonesia dapat hidup secara berdampingan, sehingga jangan sampai dicederai kepentingan pihak-pihak tertentu," ucapnya.

Sumber : perisai.net/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami