Jika KA - Busway Sudah Bersatu Atasi Kemacetan

Nasional / 5 October 2010

Kalangan Sendiri

Jika KA - Busway Sudah Bersatu Atasi Kemacetan

Lois Official Writer
2831

Ada beberapa solusi yang hingga kini diwacanakan oleh Pemda DKI Jakarta terkait dengan masalah kemacetan, yang diperkirakan Jakarta akan mengalami kelumpuhan tahun 2011. Mungkin dengan membuat subway, monorail, maupun kembali menggunakan waterway. Tetapi hal tersebut tidaklah dianggap perlu, jika pemberdayaan fasilitas yang ada bisa dimaksimalkan.

PT. Kereta Api Indonesia menawarkan sebuah solusi yang bisa dibilang cemerlang dengan memanfaatkan fasilitas yang ada sekarang ini, yakni menyinergikan antara kereta api dengan Transjakarta.

“Saya punya solusi untuk mengurangi tingkat kemacetan, dimana adanya sinergi antara busway dengan kereta api. Pengaplikasiannya, busway menjadi shuttle bus untuk kereta api. Misalnya, hingga kini belum ada jalur busway dari Lebak Bulus ke Kampung Rambutan, sedangkan kereta api sudah ada jurusan Lenteng Agung ke sekitar Kampung Rambutan, jadi di setiap stasiun kereta api ditambahkan halte busway untuk mempermudah sampai ke Kampung Rambutan. Itu sistem yang akan kami coba tawarkan kepada Pemda DKI,” jelas Makmur Syaheran, Coorporate Secretary PT. KAI kepada laman okezone, Rabu (29/9).

“Kita mempunyai banyak program untuk meningkatkan daya tarik masyarakat untuk menggunakan kereta api, di antaranya akan merenovasi 17 stasiun kereta api di Citayam, UI, Pondok Cina. Karena stasiunnya sudah tidak seperti stasiun dan sudah tidak layak dan hal ini juga tidak ada keterkaitannya dengan kenaikan tariff,” tambahnya.

Makmur menjelaskan akan menambah fasilitas untuk menarik minat para penumpang sehingga mau beralih ke kereta api. Kereta api juga bisa membantu pemerintah menuntaskan kemacetan yang ada.

Pemerintah Jakarta sudah mengupayakan berbagai ide untuk mengatasi kemacetan di Jakarta ini, apalagi dengan bertambahnya banyak mobil dan motor yang terus diproduksi dan dipakai. Jika memang transportasi yang sudah ada bisa ditingkatkan lagi, bukankah jalan keluar yang lebih baik?

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami